Film VR "Mobile Suit Gundam: Silver Phantom" Umumkan Debut Oktober di PV Terakhir

"Mobile Suit Gundam: Silver Phantom" adalah inovasi terbaru dalam dunia anime yang memadukan teknologi virtual reality (VR) dengan pengalaman sinematik. Film tersebut akan rilis secara global pada 3 Oktober 2024 untuk perangkat Meta Quest 2 dan 3.

Jumat (23/8) kemarin, tim produksi film luncurkan PV terakhir di kanal YouTube resmi Gundam, Gundaminfo. Video tersebut sekaligus umumkan tanggal rilis.

Film tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Bandai Namco Filmworks dan Atlas V, sebuah studio produksi VR asal Prancis.

"Ini bukan permainan, juga bukan sekadar pengalaman naratif—ini adalah petualangan imersif yang memanfaatkan hal terbaik dari kedua dunia [anime dan VR]," ucap Pierre Zandrowicz, co-founder Atlas V saat pertama kali ungkap proyek tersebut di Anime NYC 2023, dikutip dari ANN.

Kenichi Suzuki ("SD Gundam Sangokuden Brave Battle Warriors", "Gundam Evolve") berperan sebagai sutradara. Ryōji Sekinishi menulis skenario, dan Tsukasa Kotobuki ("Mobile Suit Gundam: Cucuruz Doan's Island") merupakan desainer karakter.

Film tersebut akan dijual seharga 2.800 yen (sekitar 17,99 USD), namun bagi yang melakukan pre-order melalui Meta Quest Store, dapat membeli dengan harga diskon sebesar 2.500 yen (sekitar 15,99 USD).

Sinopsis "Mobile Suit Gundam: Silver Phantom"

Pada Universal Century (UC) 0096, Argent Keil, kelompok tentara bayaran independen, dikontrak oleh Earth Federation untuk mengeliminasi Azami Meghigne, seorang pejabat tinggi yang terlibat dalam komunikasi rahasia dengan Zeon.

Tetapi, misi mereka berujung kacau saat diserang oleh pasukan Earth Federation, yang kemudian memicu pelepasan Silver Gundam ke luar angkasa.