Logo Google Play (Foto: thevpn.guru).

Google Tutup Google Play Security Reward Program Setelah 7 Tahun

Teknologi 20 Agt 2024

Melalui sebuah email yang dikirim Jumat (16/8), Google umumkan bahwa mereka akan hentikan Google Play Security Reward Program (GPSRP).

Program yang diluncurkan pada tahun 2017 tersebut bertujuan untuk mendorong peneliti keamanan dalam menemukan dan melaporkan kerentanan dalam aplikasi Android yang tersedia di Google Play Store.

Pesan Google ke Peneliti

Seorang peneliti keamanan, Sean Pesce, unggah konten email pemberhentian GPSRP melalui akun X (Twitter) @SeanPesce Jumat (16/8) lalu.

Berikut adalah terjemahan email tersebut:

“Para Peneliti yang terhormat,

Saya harap email ini sampai kepada Anda dengan baik. Saya menulis untuk menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Anda semua yang telah mengirimkan bug ke Program Hadiah Keamanan Google Play selama beberapa tahun terakhir. Kontribusi Anda sangat berharga dalam membantu kami meningkatkan keamanan Android dan Google Play.

Sebagai hasil dari peningkatan keseluruhan postur keamanan OS Android dan upaya penguatan fitur, kami telah melihat lebih sedikit kerentanan yang dapat ditindaklanjuti yang dilaporkan oleh komunitas peneliti. Karena penurunan kerentanan yang dapat ditindaklanjuti yang dilaporkan, kami mengakhiri program GPSRP. Program GPSRP akan berakhir pada tanggal 31 Agustus. Setiap laporan yang dikirimkan sebelum tanggal tersebut akan diseleksi paling lambat tanggal 15 September. Keputusan akhir tentang hadiah akan dibuat sebelum tanggal 30 September saat program ini resmi dihentikan. Pembayaran akhir mungkin memerlukan waktu beberapa minggu untuk diproses.

Saya ingin meyakinkan Anda bahwa semua laporan Anda akan ditinjau dan ditangani sebelum program berakhir. Kami sangat menghargai masukan Anda dan ingin memastikan bahwa setiap masalah yang diidentifikasi telah diselesaikan.

Terima kasih sekali lagi atas dukungan Anda terhadap program GPSRP. Kami berharap Anda akan terus bekerja sama dengan kami, pada program-program seperti Android and Google Devices Security Reward Program.

Salam hangat,

Tony

Atas nama Tim Keamanan Android

Menurut Google, keputusan untuk menghentikan GPSRP diambil karena adanya penurunan jumlah kerentanan yang dapat ditindaklanjuti yang dilaporkan oleh para peneliti. Penurunan tersebut dikatakan terkait dengan peningkatan dalam keamanan sistem operasi Android.

Meski GPSRP akan berakhir pada 31 Agustus 2024, Google akan pastikan bahwa semua laporan yang diajukan sebelum tanggal tersebut akan ditinjau dan diproses sebelum program resmi dihentikan pada 30 September 2024.

Peneliti keamanan masih dapat bekerja sama dengan Google melalui program lainnya, seperti Android and Google Devices Security Reward Program.

Tentang GPSRP

Google Play Security Reward Program memberikan penghargaan finansial kepada para peneliti yang berhasil menemukan kerentanan yang berpotensi membahayakan, seperti eksekusi kode jarak jauh atau pencurian data pribadi. Hadiah yang diberikan berkisar dari $500 hingga $20,000 dolar AS, tergantung tingkat keseriusan kerentanan yang ditemukan.

Dilansir dari Android Authority, pada awal peluncuran, GPSRP hanya terbuka bagi sejumlah pengembang aplikasi tertentu. Namun, seiring berjalannya waktu, cakupan program tersebut diperluas ke aplikasi besar seperti Amazon, Facebook, dan TikTok.

Pada tahun 2019, Google memperluas GPSRP untuk mencakup semua aplikasi di Google Play dengan lebih dari 100 juta unduhan.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.