Cara Transfer Lagu Antara Apple Music dan YouTube Music

Apple resmi mendukung transfer lagu playlist antara platform streaming Apple Music dan YouTube Music mulai hari Rabu (28/8) kemarin.

Fitur tersebut tersedia bagi pemegang akun Apple di wilayah yang mendukung Apple Music, namun tidak tersedia untuk akun anak-anak atau akun Managed Apple ID.

Proses transfer tidak menghapus playlist di aplikasi pembuatan playlist tersebut. Biasanya, transfer hanya memerlukan beberapa menit, meskipun dapat memakan waktu hingga beberapa jam tergantung jumlah playlist yang dipindahkan.

Sebelum melakukan transfer, pastikan MedForians memiliki langganan aktif Apple Music atau iTunes Match, serta akun YouTube Music yang aktif. Selain itu, hanya playlist yang dibuat sendiri menggunakan lagu di pustaka aplikasi streaming yang dapat dipindahkan. File musik, shared playlist non-kolaboratif, playlist kurasi, serta file audio seperti podcast dan buku audio tidak dapat dipindahkan.

Transfer Lagu dari Apple Music ke YouTube Music

Untuk memulai, buka halaman Data dan Privasi Apple, masuk ke akun Apple ID, dan pilih "Transfer a copy of your data." Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan permintaan transfer, dan pastikan sudah masuk ke akun YouTube Music kalian.

Apple akan mengirim email konfirmasi setelah transfer selesai. Playlist hasil transfer dapat dilihat di kolom "Library" di aplikasi YouTube Music.

Transfer Lagu dari YouTube Music ke Apple Music

Untuk memulai transfer, buka Google Takeout, ikuti instruksi untuk memulai ekspor dari YouTube Music, pilih "Apple Music" sebagai tujuan transfer, dan masukkan informasi Apple ID kalian. Apple akan mengirim email konfirmasi setelah transfer selesai.

Setelah transfer selesai, playlist kalian akan muncul di perpustakaan Apple Music, berada di bagian atas "Recently Added."

Perlu diperhatikan bahwa playlist yang sudah dipindahkan tidak akan diperbarui secara otomatis jika ada perubahan di playlist setelah transfer.