Kembali ke Vocaloid, CFM Umumkan Hatsune Miku V6 AI

Kamis (1/8), Crypton Future Media (CFM) Sonicwire mengumumkan kembalinya Hatsune Miku, Megurine Luka, Kagamine Rin, Kagamine Len, KAITO dan MEIKO kepada engine sintesis vokal Vocaloid.

Tidak hanya itu saja, Hatsune Miku akan mendapat dua versi baru, yaitu versi terbaru dari Hatsune Miku NT dan yang paling menarik perhatian kami, Hatsune Miku V6 AI!

Voicebank dari setiap karakter penyanyi virtual Crypton Future Media tersebut akan tersedia untuk dibeli melalui sebuah bundle bernama "PIAPRO CHARACTERS SUPERPACK" yang akan rilis pada 30 Agustus mendatang dan dibanderol dengan harga 23 ribu yen atau sekitar 2,5 juta rupiah.

Di dalam bundle tersebut, kamu akan mendapatkan voicebank Vocaloid dari setiap karakter tersebut dari versi V3 dan V4x yang telah diperbaharui dengan label "Original", voicebank yang telah diperbaharui adalah:

  • Hatsune Miku V4X
  • MEIKO V3
  • KAITO V3
  • Kagamine Rin/Len V4X
  • Megurine Luka V4x

Kamu bisa dengarkan demo-nya di sini:

"PIAPRO CHARACTERS SUPERPACK" juga berisi editor vokal Piapro Studio yang dapat kamu gunakan untuk membuat vokal dari voicebank yang disertakan. Piapro Studio mendukung VST/AU dan DAW Cubase LE Steinberg. Dan tentu saja kamu juga bisa menggunakan voicebank di bundle ini dengan perangkat lunak Vocaloid.

Generasi Baru Hatsune Miku

Dengan pengumuman kembalinya Hatsune Miku ke platform Vocaloid, CFM juga mengumumkan generasi terbaru dari sang diva virtual, Hatsune Miku V6 AI, dan versi baru dari Hatsune Miku NT.

Menggunakan kapabilitas AI voice synth yang tersedia di Vocaloid 6, Hatsune Miku V6 AI menjadi tanda bergabungnya Hatsune Miku dengan voicebank lain yang sudah terintegrasi AI seperti AI Megpoid (Gumi), Yuzuki Yukari, KAFU, Kasane Teto, dan Flower.

Perlu diingat bahwa AI yang dimaksud di dalam produksi musik sintesis tidaklah sama dengan "generative AI" yang marak digunakan saat ini.

Untuk saat ini, belum ada demo yang tersedia untuk Hatsune Miku V6 AI. CFM menyebutkan bahwa Hatsune Miku V6 AI direncanakan untuk rilis pada akhir tahun 2024 dan harga istimewa akan ditawarkan untuk produser terautorisasi yang menggunakan voicebank Hatsune Miku dari versi V4X ke atas.

Versi baru dari Hatsune Miku NT akan memiliki banyak perbaharuan dengan kualitas audio yang lebih baik. Versi beta akan rilis pada musim gugur mendatang, yang akan diikuti oleh perubahan versi major pada tanggal yang akan diumumkan. Perbaharuan ini akan didistribusikan secara gratis untuk para pemilik Hatsune Miku NT.

Kembalinya Miku ke Vocaloid mengundang pertanyaan tentang masa depan Piapro Studio nantinya. Mengingat Hatsune Miku adalah satu-satunya voicebank yang mendapat versi NT. Apakah Rin, Len, Luka, Kaito, dan Meiko tidak akan hadir sebagai versi NT? Bagaimana menurut MedForians?