Poster resmi "Detective Conan: The Million-Dollar Pentagram" (Foto: Gramedia)

[Review] Film Anime Detective Conan: The Million-Dollar Pentagram

Review 19 Agt 2024

Pada hari Rabu (7/8) lalu, seluruh bioskop di Indonesia secara resmi menayangkan anime yang telah dinantikan oleh para penggemarnya, yaitu "Detective Conan: The Million-Dollar Pentagram". Anime ini tayang di Indonesia berkat ODEX Indonesia yang mendistribusikan film tersebut.

Sebelumnya, terdapat film spesial bertajuk "Detective Conan vs KID The Phantom Thief" yang telah tayang terlebih dahulu di bioskop Indonesia. Film ini merupakan kompilasi dari seri animenya melibatkan Conan Edogawa dan Kaito KID.

#MedForSquad berkesempatan hadir dalam kegiatan nobar (nonton bareng) bersama komunitas Conan Fans Club Indonesia, pada Minggu (11/8) di Cinepolis SPARK, Jakarta. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pencinta serial Detective Conan di daerah Jabodetabek.

Keseruan dalam kegiatan tersebut tidak hanya menonton film terbaru dari Detective Conan, tetapi juga terdapat sesi games dan foto bersama cosplayer yang memerankan karakter dari Detective Conan, lho. Intip keseruan lainnya, di sini.

Kasus Pembunuhan Dibalut Kisah Sejarah dan Kebudayaan Jepang

Kurang rasanya jika seri film Detective Conan tidak kental dengan unsur sejarah ataupun kebudayaannya. Kali ini, Aoyama Gosho mengambil latar sejarah dengan melibatkan tokoh sejarah terkenal, yakni Toshizo Hijikata yang berpangkat sebagai Wakil Komandan Shinsengumi.

Patung Toshizo Hijikata (Foto: Samurai vs Ninja)

Dalam film ini, dikisahkan bahwa Toshizo Hijikata diberikan dua buah pedang oleh Shotoku Machida di Hakodate. Pedang tersebut dibuat oleh seorang pengrajin pedang bernama Higashikubo Eitatsu. Ternyata, dua pedang tersebut merupakan pedang wakizashi dan terdapat 4 pedang lainnya serta dibuat oleh pengrajin yang sama.

Detective Conan Berlanjut! Film ke-27 Siap Tayang 12 April 2024
Seri Detective Conan masih saja digemari oleh masyarakat Jepang dan internasional! Film ke-27 dengan judul Detective Conan Hyakuman Doru no Michishirube akan debut di Jepang pada tanggal 12 April 2024. Trailer resmi sudah dirilis oleh TOHO di kanal YouTube mereka.

Pengacara keluarga Zaibatsu Onoe ditemukan tewas terbunuh dengan membawa tas golf kosong yang diduga berisi salah satu pedang wakizashi. Keenam pedang itu menjadi kunci dari harta karun yang disembunyikan oleh Keizaburo Onoe. Sepeninggalnya Keizaburo, ia mewasiatkan kepada Ryoe Fukushiro untuk menghancurkan harta karun itu, karena harta karun tersebut dapat memutarbalikkan keadaan semasa Perang Dunia II.

Persekutuan Kaito KID, Conan Edogawa (Shinichi Kudo), dan Heiji Hattori

Dalam memecahkan misteri keenam pedang tersebut, Kaito KID, Heiji Hattori dan Conan Edogawa menyatukan hasil analisa mereka. Meskipun begitu, Kaito KID memiliki alasan tersendiri dalam misteri tersebut. Ia mencuri pedang tersebut untuk mengetahui seperti apa harta karun milik Keizaburo Onoe yang berusaha dicuri oleh ayahnya.

Detective Conan The Movie: The Million-Dollar Pentagram Resmi Tayang Bulan Juli di Indonesia!
Pada 12 Juni lalu, bioskop Indonesia telah menayangkan movie “Detective Conan vs. KID The Phantom Thief”. Kali ini, CGV Indonesia menampilkan poster terbarunya untuk DCM 27, lho! Dalam poster tersebut, tertera jadwal tayang di bioskop Indonesia.

Tak hanya analisa mereka yang membuat penonton berdecak kagum, tetapi bentuk kerja sama dan naluri saling melindungi di antara mereka yang membuat para penonton merasakan ketegangan. Kemistri yang ditunjukkan oleh mereka bertiga pun pecah di hadapan penonton. Kejadian konyol antara Kaito KID dan Heiji menjadi pemicu pertarungan Heiji untuk menangkap KID di awal cerita.

Sajikan Plot Twist Tak Terduga!

Sejak pertengahan dan menjelang akhir film, penonton tak habis-habisnya disuguhi oleh plot twist yang tak terduga. Bahkan, setelah credit pun terdapat cuplikan plot twist yang membuat penonton semakin termangu. Salah satunya, yakni misteri dari latar belakang hubungan antara Kaito KID dengan Conan Edogawa atau Shinichi Kudo.

Cuplikan dari Film "Detective Conan: The Million-Dollar Pentagram" (Foto: Youtube/GSC Movies)

Teka-Teki yang Bernilai Satu Juta Dollar

Saat memecahkan misteri keenam pedang tersebut, terdapat beberapa petunjuk yang ditemukan oleh Heiji dan Conan. Pengungkapan jawaban dari petunjuk tersebut dapat membuat penonton termangu, karena disuguhi adegan yang menakjubkan. Aoyama Gosho selalu berhasil menyelipkan keindahan dalam setiap pemecahan teka-tekinya.

Tak cukup hanya dibuat takjub, para penonton turut dibawa ke sensasi pertarungan Hijiri Fukushiro dan Heiji Hattori. Klimaks dari teka-teki ini merupakan penemuan harta karun Keizaburo Onoe yang berkaitan dengan Perang Dunia II dan sepucuk surat dari ayahnya Kaito KID.

Momen Manis Heiji Ungkap Perasaannya

Film ini berakhir dengan momen yang telah dinantikan oleh penonton setia Detective Conan, yaitu pengungkapan rasa suka Heiji kepada teman masa kecilnya yang bernama Kazuha. Meskpun begitu, ternyata Aoyama Gosho tidak merestui hubungan mereka akan terjalin di film tersebut.

Peringatan! Terdapat Spoiler di Bawah Ini!

Seperti di rencana-rencana sebelumnya, Heiji pun terbilang gagal dalam sesi "nembak"-nya kepada Kazuha.

Sebenarnya ia telah menyatakan perasaannya, namun tetap saja terdapat kejadian yang konyol dan menghalangi hubungan mereka berdua.

Meskipun begitu, momen Heiji ketika jujur kepada Kazuha tetap terasa manis. Wah, sepertinya Heiji harus menyusun ulang kalimat pernyataan sukanya lagi, ya, haha.

Kesimpulan Review

Untuk film Detective Conan kali ini, penulis memberikan rating 8/10. Karena penonton disuguhi plot twist yang cukup banyak serta semakin dibuat penasaran dengan plot utama/canon dari serialnya.

Adegan pertarungan dalam film ini ditampilkan dengan sangat apik disertai detail-detail yang cukup menjanjikan. Pengakuan cinta Heiji juga cukup menghibur karena kejadian konyol yang telah menggagalkan momen tersebut.

Tag