Samsung Galaxy Buds 3 Pro (kiri) dan Apple AirPods 2 Pro (kanan) (Foto: zdnet.com).

Samsung Galaxy Buds 3 dan Watch 7 Mirip Produk Apple, Bos Samsung Kesal!

Teknologi 15 Agt 2024

Pimpinan Samsung Electronics Lee Jae-yong, dikenal dengan sifatnya yang lembut dan tidak mudah marah, mengeluarkan perintah tegas kepada eksekutif serta kepala dan karyawan divisi mobile, menurut laporan Aju Business Daily awal Agustus ini.

Peristiwa tersebut berkaitan dengan Galaxy Watch 7 dan Buds 3 yang dikatakan mirip dengan produk Apple.

"Suasana internal saat ini tidak terlalu baik,” ucap perwakilan Samsung Electronics kepada Aju Business Daily. “Ketua Lee sendiri mengambil tindakan ketika kontroversi mengenai plagiarisme dan kualitas desain Apple muncul saat seri Buds 3 dan Galaxy Watch 7 rilis bulan lalu.”

Persamaan Buds 3 dan AirPods

Menurut laporan tersebut, "mirip Apple" merupakan kata-kata yang sering terdengar saat jumpa pers Samsung Electronics, sehari setelah acara Unpacked yang dilaksanakan tanggal 10 Juli lalu. “Penampilan, casing, dan ukurannya sangat mirip dengan Apple," kata salah satu reporter.

Berbeda dengan Buds sebelumnya yang berbentuk seperti "kacang merah", Buds 3 berbentuk "tauge" seperti AirPods.

Samsung Galaxy Buds 3 Pro (kiri) dan Apple AirPods 2 Pro (kanan) (Foto: ajunews.com).

Tidak hanya penampilannya, kontrolnya pun mirip. Contohnya, volume Buds 3 Pro dapat disesuaikan dengan menggeser jari di tangkai dengan gerakan atas-bawah, seperti AirPod Pro 2. Untuk play dan pause, AirPod dan Buds 3 sama-sama memiliki kontrol ketuk tangkai.

Persamaan Galaxy Watch 7 dan Apple Watch Ultra

Galaxy Watch 7 memiliki desain yang menggabungkan layar melingkar dalam bingkai persegi panjang, seperti Apple Watch Ultra.

Samsung Galaxy Watch 7 Ultra (kiri) dan Apple Watch 2 Ultra (kanan) (Foto: ajunews.com).

Padahal, dulu Galaxy Watch dikenal dengan layar yang berbentuk lingkaran.

Kritik dari Pengguna Samsung

Melalui forum di Samsung Members, komunitas pengguna Samsung Electronics, para pengguna juga telah sampaikan keluhan mereka mengenai kemiripan dengan Apple.

"Samsung Electronics membuang desain unik Samsung akhir-akhir ini," kata seorang pengguna.

"Penting untuk mengamankan orisinalitas, diferensiasi, karakter, dan identitas daripada mengubahnya agar menyerupai desain Apple seperti yang dilakukan pabrikan China," tulis pengguna lainnya.

Buds 3 sempat mendapat kecaman karena masalah kualitas saat baru rilis. Samsung segera lakukan penukaran dan pengembalian uang, namun tampaknya itu masih belum cukup untuk menenangkan keluhan konsumen.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.