Setelah hampir 20 tahun beroperasi, situs ROMhacking.net resmi tutup | Foto: ROMhacking.net

Situs Hacking dan Mod Game ROMhacking.net Resmi Tutup, Ada Apa?

Gaming 2 Agt 2024

Akhir dari sebuah era, situs ROMhacking.net yang hampir selama 20 tahun kebelakang terkenal sebagai tempat utama untuk berbagai macam mod, translasi, dan ROM hack, resmi tutup.

Pengumuman tersebut disampaikan melalui sebuah post yang ditulis oleh admin ROMhacking.net, Nightcrawler, dan diunggah di situs resmi ROMhacking.net pada Jum'at (2/8).

Situs legendaris tersebut akan tetap dapat kamu akses dalam mode read-only dan forum ROMhacking.net akan tetap aktif. Namun ROMhacking.net tidak akan menerima submisi baru selain submisi berita, dan gambar serta download hanya akan tetap tersedia selama DarkSol, FCAndChill, dan Calico ingin meng-hosting-nya. Nightcrawler juga memutus afiliasi dengan akun yang merepresentasikan ROMhacking.net di platform media sosial Discord dan X (lebih dikenal sebagai Twitter).

Database (kecuali akun dan informasi profil) dan semua file yang tersedia untuk di-download di ROMhacking.net telah diunggah ke situs Internet Archive yang bisa kamu akses di sini.

Tampilan situs ROMhacking.net | Foto: istimewa

Dalam pengumuman yang sama, Nightcrawler menjelaskan awal berdirinya ROMhacking, segala kendala yang mereka harus hadapi selama beroperasi, dan hal yang membuatnya memutuskan untuk menutup ROMhacking.net.

Hampir 20 tahun (situs ini) berjalan dengan baik, namun karena beberapa alasan, waktu untuk mengakhirinya sudah tiba.

Nightcrawler menyebut bahwa popularitas situs ROMhacking.net yang terus menaik dan tekanan dari hukum copyright membuat operasi situs tersebut sulit dibanding dengan masa awalnya pada tahun 2005.

Situs ini menjadi sangat sibuk dengan penggunaan 24/7, queue tanpa akhir, dan inbox tanpa ujung.

Ditambah lagi, Nightcrawler merasa ROMhacking.net tidak lagi dibutuhkan sejalan dengan waktu dengan banyaknya alternatif baru untuk diskusi komunitas, proyek open source, dan penyimpanan file di internet.

Forum ROMhacking.net akan tetap beroperasi | Foto: Istimewa

Nightcrawler mengungkap bahwa ia awalnya akan menutup situs ROMhacking.net pada tahun lalu, namun ada grup internal yang menawarkan bantuan agar situs tersebut tetap beroperasi.

Fase pertama dari kerja sama tersebut tidak mulus, namun saat fase kedua dimulai Nightcrawler menyebut bahwa ia menemukan grup tersebut sebagai "grup paling tidak jujur dan penuh kebencian."

Saya akhirnya tahu bahwa saya telah direndahkan derajatnya sejak sangat lama. Informasi pribadi saya telah disebar. Dan rencana penuh tipu daya telah dibuat untuk menyingkirkan saya, seakan saya adalah target dari serangan bom.

Menutup pengumuman ini, Nightcrawler mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua staf dan anggota komunitas yang telah terlibat pada jalannya ROMhacking.net selama hampir 20 tahun. Dan ia juga ingin melihat proyek yang akan datang dari data situs yang telah ia rilis untuk generasi kedepannya.

Ini adalah ROMhacking.net, sebagai (situs) yang kita kenal, signing off

Respon Dari Staf

Staf dari server Discord ROMhacking.net yang kini telah diputus afiliasi-nya, menulis sebuah pernyataan yang diunggah ulang oleh akun @romhackdoting di platform sosial media X (lebih dikenal sebagai Twitter).

Selain mengulang kembali pengumuman yang telah disampaikan oleh Nightcrawler melalui situs resmi ROMhacking.net, staf Discord server yang sebelumnya adalah server resmi situs tersebut menanggapi alegasi yang ditulis oleh Nightcrawler mengenai mereka.

Hal tidak berjalan mulus di antara staf situs dengan staf Discord dalam beberapa waktu kebelakang, meskipun staf Discord memang mengeksplorasi cara-cara untuk maju kedepannya, yang mungkin termasuk memutus hubungan dengan situs (ROMhacking.net) dan pemiliknya, kami sangat bingung dan kecewa terhadap tuduhan doxxing dan implikasi bahwa kami telah mengancam (Nightcrawler).

Kami dengan tegas menolak alegasi tersebut.

Melalui akun media sosial X (lebih dikenal sebagai Twitter) pribadi, Gideon Zhi, salah satu staf Discord yang terlibat turut berkomentar mengenai situasi ini.

Gideon Zhi menyebutkan bahwa Nightcrawler adalah single point of failure untuk situs tersebut dan menerapkan kontrol ketat atas konten yang dibuat oleh komunitas. Nightcrawler menolak hampir semua tawaran bantuan yang diberikan selama satu dekade terakhir. Nightcrawler juga dinilai sulit untuk dikontak.

Gideon Zhi mengungkap bahwa pada bulan Desember tahun lalu, Nightcrawler mengumumkan tentang penutupan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Bantuan dari staf awalnya ditolak, dan rencana awal penutupan tersebut adalah untuk menutup situs ROMhacking.net begitu saja. Tanpa arsip, maupun serah terima.

Situs itu awalnya akan dimatikan begitu saja, tanpa arsip, tanpa serah terima, tidak ada apa-apa. Kontribusi komunitas selama 20 tahun hilang begitu saja.

Dalam utas X tersebut juga disebutkan bahwa Nightcrawler ingin penerusnya untuk membuat sebuah situs baru dengan hanya satu admin saja, namun kriteria yang diinginkan oleh Nightcrawler untuk pernerusnya tidak dianggap realistis oleh para staf.

Kriteria tersebut adalah penerusnya harus memiliki passion untuk hobi ini (ROM hacking), telah berdonasi pada situs ROMhacking.net selama beberapa tahun terakhir, dan pengetahuan teknis tentang adminsitrasi platform arsip sebesar ROMhacking.net.

Setelah negosiasi, Nightcrystal setuju untuk memberikan datacrystal dan mengganti backend untuk file dengan buket S3 sebagai langkah awal transisi ROMhacking.net selagi pengganti dari situs tersebut sedang dibuat, transisi ini dinilai akan membuat pengoperasian ROMhacking.net lebih terjangkau.

Staf Discord mengatur buket S3 tersebut dan harus menunjukkan kepada Nightcrawler tentang perubahan apa saja yang harus dilakukan ke backend situsnya. Untuk meringankan beban finansial transisi ini, staf Discord menawarkan untuk membayar tagihan S3 tersebut yang berjumlah sekitar 200 USD atau sekitar Rp3.000.000 per bulan.

Setelah riset lebih lanjut, staf Discord menemukan bahwa mereka dapat berhemat biaya operasi secara signifikan dengan transisi ini. Buket barunya sudah siap, namun Nightcrawler tetap enggan melakukannya.

Meskipun bukan dia yang membayar tagihannya

Staf bertambah frustrasi, dan Nightcrawler enggan untuk memberi jawaban dan enggan untuk bergabung ke Discord untuk menyelesaikan masalah ini secara real-time.

Gideon Zhi mengungkapkan kemarahannya terhadap alegasi yang dibuat oleh Nightcrawler dan komparasi yang Nightcrawler buat di pengumuman penutupan situs tersebut dengan kasus Near, seorang anggota komunitas yang ditindas hingga ia merenggut nyawanya sendiri.

Apakah kita meluapkan kefrustrasian kami secara privat? Iya. Tapi apakah kami menge-dox atau mengancam? Astaga, Tidak!

Dan jujur saya MARAH bahkan pada sugesti bahwa kami mungkin melakukannya.

Sisi mana yang benar, dan sisi mana yang salah? Untuk saat ini, jawabannya masih tidak jelas. Namun bagaimanapun juga, tutupnya ROMhacking.net menjadi berita duka untuk para penggemar ROM hacking di seluruh penjuru dunia.

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Student, writer, nerd.