Tango Gameworks dan game besutannya (Foto: Tango Gameworks)

Tango Gameworks dan IP Hi-FI Rush Diakuisisi oleh Publisher PUBG

Gaming 12 Agt 2024

Pada bulan Mei lalu, sebuah berita duka menerpa dunia industri game. Menjadi salah satu studio yang diakuisisi oleh Xbox, Tango Gameworks, studio asal Jepang yang sebelumnya merupakan bagian dari Bethesda/Zenimax, harus dipaksa menggulung tikar. Tango Gameworks kini akan kembali, karena mereka telah diakuisisi oleh publisher PUBG!

Krafton Inc, publisher asal Korea Selatan yang mempublikasikan game battle royale super populer Players Unknown Battlegrounds tersebut mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi Tango Gameworks dan IP Hi-Fi Rush dari Xbox dalam sebuah persetujuan strategis.

Krafton Inc menyebutkan bahwa mereka kini tengah bekerja sama dengan Xbox untuk menjadikan transisi ini sehalus mungkin agar Tango Gameworks dapat mulai mengembangkan IP Hi-Fi Rush dan mulai mengeksplorasi proyek yang akan dikerjakan di masa depan.

Ghostwire Tokyo (Foto: Tango Gameworks, Bethesda, Xbox via PlayStation Store)

Untuk saat ini, masih belum ada berita apakah Krafton juga akan mengakuisisi IP lain yang telah dikerjakan oleh Tango Gameworks seperti Ghostwire Tokyo dan The Evil Within ataukah para IP tersebut akan tetap dipegang oleh Bethesda Softworks dan Xbox.

Ini bukanlah pertama kalinya KRAFTON mencoba untuk menjajaki kaki di dunia game single-player, sebelumnya mereka telah mempublikasikan The Callisto Protocol yang tidak mendapat resepsi baik.

Krafton Inc juga menenangkan para penggemar bahwa semua game Tango Gameworks yang telah rilis akan tetap dijual seperti biasanya.

Hi-Fi Rush, salah satu game Tango Gameworks (Foto: Tango Gameworks, Xbox, via Steam)

Didirikan oleh pencipita Resident Evil Shinji Mikami pada tahun 2010, Tango Gameworks adalah studio pengembang game yang bermarkas di Tokyo, Jepang. Selama studio tersebut beroperasi, Tango Gameworks telah merilis banyak game berkualitas seperti seri The Evil Within dan Ghostwire Tokyo.

Menjadi bagian dari akuisisi Xbox terhadap Zenimax yang bernilai 7,5 Miliar Dolar Amerika Serikat atau sekitar 114 trilliun rupiah. Namun waktu Tango Gameworks sebagai bagian 'keluarga' Xbox tidak berlangsung lama.

Bulan Mei lalu, mereka terpaksa harus menggulung tikar oleh Xbox dalam upaya restrukturisasi studio internal Xbox, meskipun mereka telah merilis Hi-Fi Rush pada tahun lalu yang diterima sangat baik oleh penggemar maupun kritik.

Shinji Mikami telah meninggalkan Tango Gameworks tidak lama setelah mereka diakuisisi oleh Xbox. Ikumi Nakamura, salah satu figur populer dari Tango Gameworks lainnya telah mendirikan studio baru bernama UNSEEN dan kini mereka tengah mengembangkan sebuah game bernama Kemuri yang trailer-nya bisa kamu tonton di sini:

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Student, writer, nerd.