Screenshot Silent Hill 2 Remake (Foto: Konami)

Tim Silent Hill 2 Remake: Tolong Berikan Kami Kesempatan

Gaming 8 Agt 2024

Membuat ulang sebuah karya klasik yang dicintai oleh banyak orang bukanlah sebuah tugas yang mudah. Dan itu adalah tugas yang diberikan Konami kepada Bloober Team, developer game asal Polandia yang kini harus me-remake game yang kerap digadang sebagai game survival horror terbaik sepanjang masa, Silent Hill 2.

Perjalanan untuk membuat ulang Silent Hill 2 dengan teknologi dan filosofi desain yang lebih modern tidaklah mulus. Semenjak pertama kali diumumkan pada Oktober tahun 2022 silam, Silent Hill 2 Remake telah menuai banyak reaksi baik positif, negatif, maupun kontroversial. Penggemar menyuarakan ketidakpuasan terhadap interpretasi Silent Hill 2 dari Bloober Team.

Dimulai dari hadirnya QTE yang tidak disukai penggemar, model wajah James Sunderland yang terlihat terlalu emosional dan tua, model wajah Angela, desain pakaian Maria, dan banyak lainnya.

Dan Bloober Team mendengarkan keluhan dari para penggemar tersebut dan membuat perubahan sesuai dengan permintaan penggemar. Wajah James misalnya telah dirombak ulang dan ia terlihat jauh lebih mirip dengan model wajah aslinya.

Namun sepertinya semua itu belumlah cukup untuk memuaskan penggemar Silent Hill, tidak sedikit penggemar yang masih tidak percaya bahwa Bloober Team adalah tim yang tepat untuk mengembangkan Silent Hill 2 Remake.

Hal tersebut dapat dimengerti mengingat rekor trek Bloober Team di game-game mereka sebelumnya yang tidak mengkarakterisasi penyakit mental secara baik maupun akurat. Ditambah lagi Silent Hill 2 mempunyai reputasi sebagai game yang memiliki depiksi psikologis yang sangat baik. Kini, Bloober Team meminta satu hal saja kepada para penggemar: tolong beri kami kesempatan.

Dalam sebuah wawancara yang dipublikasikan oleh Rolling Stone, Produser Silent Hill 2 Remake Piotr Babieno berbicara mengenai proyek remake tersebut dan 'penolakan' dari Silent Hill 2 remake dari beberapa penggemar.

"Kami Bukanlah Bloober Team Yang Lama."

Bloober menyebut bahwa tim yang mengerjakan Silent Hill 2 Remake adalah tim yang berbeda (Foto: Konami)

Piotr Babieno menyebutkan bahwa Bloober Team sangat mengerti reputasi Silent Hill 2 sebagai game kesayangan komunitas penggemar game horor. Oleh karena itu, daripada berusaha melampaui ekspektasi yang mustahil, Bloober Team menganggap proyek Silent Hill 2 Remake sebagai "Visi romantik dari game yang rilis 20 tahun yang lalu."

Piotr Babieno juga mengungkap bahwa Bloober Team yang ada saat ini tidaklah sama dengan Bloober Team yang ada 3 tahun yang lalu. Babieno mengujarkan bahwa saat Bloober Team membuat game Layers of Fear, anggota tim yang terlibat hanyalah sekitar 10 orang. Di 2024 ini, Bloober Team kini beranggotakan lebih dari 250 orang.

Secara internal, kami menyebut (tim kami saat ini) 'Bloober Team 3.0'

Saya yakin bahwa Bloober saat ini adalah tim yang sangat berbeda dari tiga tahun yang lalu.

"Tolong Beri Kami Kesempatan."

Bloober Team meminta para penggemar untuk memainkan game-nya terlebih dahulu sebelum menilai (Foto: Konami)

Piortr Babieno menyebut bahwa sebagaimana ekspektasi developer berubah selama proses pengembangan, Babieno juga ingin para penggemar untuk menilai Silent Hill 2 Remake setelah game-nya rilis.

Saya bermimpi para gamer akan mempercayai kami, tapi saya sadar kalau kepercayaan adalah sesuatu yang didapatkan dari aksi dan bukan dari kata-kata saja.

[..] Kami ingin menunjukkan ambisi kami melalui karya kami, jadi kami tidak bisa meminta apapun kecuali 'tolong beri kami kesempatan'.

Piortr Babieno mengapresiasi kritik konstruktif dari penggemar yang menurutnya sangat krusial dalam memoles Silent Hill 2 Remake sebelum rilis. Tetapi Piortr Babieno juga menekankan bahwa Bloober memprioritaskan lingkungan kerja yang suportif di mana para desainer dapat berfokus kepada pekerjaan kreatif mereka dengan tenang. Dan terkadang, salah satu caranya adalah untuk tidak mendengar suara para penggemar.

"Kami Berusaha Untuk Membuat Penggemar Senang."

Bloober Team menyebutkan bahwa mereka juga adalah penggemar dari Silent Hill 2 (Foto: Konami)

Piortr Babieno dan tim yang mengerjakan Silent Hill 2 Remake juga adalah penggemar Silent Hill 2. Babieno mengungkap bahwa Silent Hill 2 mengubah persepsinya bahwa game juga dapat mengeksplorasi psikologi seseorang dengan sangat mendalam, dan ia menyukai simbolisme yang ada di Silent Hill 2.

Intinya, (Silent Hill 2) mengubah hidup saya.

Ia menyebut bahwa Bloober bangga karena telah melakukan dialog terbuka dengan para developer asli Silent Hill 2 di Konami sepanjang proses produksi remake ini.

Karena dialog tersebut, kami menemukan keseimbangan yang baik antara apa yang kami dan partner kami visikan. Hal tersebut membutuhkan waktu yang lama, dengan diskusi kreatif dan kerja keras, tapi kami sangat senang dengan hasilnya.
Silent Hill di Silent Hill 2 Remake (Foto: Konami)

Piortr Babieno berharap bahwa Bloober Team bekerja dengan keras untuk menyenangkan penggemar sembari tetap menahankan visi dan jati diri mereka.

Kami berusaha untuk membuat semua penggemar bahagia, tapi di waktu yang sama, juga menahankan jati diri kami.

Kami harap saat orang-orang memainkan (Silent Hill 2 Remake) untuk pertama kalinya, mereka akan memahami bahwa pilihan yang telah kami lakukan adalah pilihan yang terbaik.

Silent Hill 2 Remake akan hadir di platform PlayStation 5 dan Steam pada 8 Oktober mendatang.

Pre-purchase SILENT HILL 2 on Steam
Investigating a letter from his late wife, James returns to where they made so many memories - Silent Hill. What he finds is a ghost town, prowled by disturbing monsters and cloaked in deep fog. Confront the monsters, solve puzzles, and search for traces of your wife in this remake of SILENT HILL 2.
SILENT HILL 2 - PS5 Games | PlayStation
Buy SILENT HILL 2 on PlayStation Store. Revisit an iconic psychological survival horror as SILENT HILL 2 comes to PlayStation 5

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Student, writer, nerd.