Upaya Cegah Hoax, YouTube Uji Coba Fitur Notes

Mulai Agustus ini, YouTube uji coba fitur baru yang mirip dengan Community Notes milik X (Twitter) untuk melawan misinformasi. Fitur tersebut pertama kali diumumkan Juni lalu, menurut 9to5Google.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menambahkan catatan klarifikasi pada video yang berpotensi mengandung informasi yang kurang akurat atau ambigu. Catatan tersebut juga akan ditinjau oleh pengguna lain sebelum muncul di bawah video.

Fitur YouTube Notes (Foto: gizchina.com).

Notes diharapkan dapat “menambahkan catatan bermanfaat pada video” untuk memperkaya informasi yang tersedia di YouTube, serta untuk memastikan bahwa penonton mendapatkan informasi yang benar.

Cara Menggunakan Notes

Penguji dapat menambahkan Notes dengan menekan tombol "Tambahkan catatan" di bawah video yang dianggap kurang jelas atau tidak akurat. Setelah menulis catatan di kotak teks yang disediakan, catatan tersebut akan ditinjau dan dinilai oleh pengguna lain.

Catatan hanya dapat dilihat oleh pengguna lain jika dianggap bermanfaat oleh sejumlah besar peninjau. YouTube akan memberi tahu penulis catatan saat catatan mereka terlihat. Meskipun begitu, catatan yang terlihat oleh publik bersifat anonim.

Selain itu, situs YouTube Support telah berikan beberapa tips tentang cara menulis Notes yang efektif. Catatan yang dikirim harus mengutip sumber yang tepercaya, mudah dipahami, netral dan menghindari opini pribadi, dan langsung menanggapi klaim yang dibuat dalam video atau judulnya.

Ketersediaan

Saat ini, Notes hanya dapat dicoba di aplikasi YouTube di ponsel, dan uji coba hanya tersedia untuk undangan melalui pendaftaran waiting list penguji. Fitur tersebut juga belum tersedia untuk video yang menampilkan anak-anak, konten yang dibuat untuk anak-anak, atau video pribadi.

Per 12 Agustus, belum ada informasi lebih lanjut mengenai penerapan Notes untuk kalangan yang lebih luas.

YouTube Juga Uji Coba Fitur Sleep Timer

Menurut GSMArena, fitur Sleep Timer yang mulai diuji Juni lalu kini dapat dicoba oleh semua pengguna YouTube Premium. Sleep Timer mengatasi masalah menonton banyak video dengan tidak sengaja karena penonton tertidur.

Pengujian Sleep Timer akan berlangsung sampai 2 September mendatang.