ROG Ally X dan Steam (Foto: Istimewa)

Valve Siap Bawa SteamOS ke Handheld Gaming Lain

Teknologi 12 Agt 2024

Saat Valve pertama mengumumkan Steam Deck, perangkat gaming handheld super handalnya ke pada dunia, salah satu yang Valve janjikan adalah untuk menghadirkan SteamOS ke perangkat desktop dan handheld lain secara resmi.

Memang, kini kamu bisa meng-install SteamOS ke perangkat handheld lain dengan meng-install HoloISO, namun hingga saat ini belum ada dukungan secara resmi dari Valve.

Namun sepertinya, kita tidak perlu menunggu waktu yang lebih lama lagi karena Valve telah memberi petunjuk bahwa SteamOS akan hadir di handheld lain dalam waktu dekat.

ROG Ally (Foto: ASUS)

Dalam patch note SteamOS 3.6.9 Beta: Megafixer yang bisa kamu baca di sini, Valve menulis bahwa mereka menambah dukungan untuk tombol tambahan dari ROG Ally, perangkat handheld gaming besutan ASUS Republic of Gamers.

Di patch note yang sama Valve juga menambahkan dukungan untuk driver Bluetooth untuk pengguna yang ingin menggunakan Windows di Steam Deck OLED.

Secara bawaan, ROG Ally mengusung sistem operasi Windows 11 yang memastikan pengguna untuk mendapatkan kompatibilitas terbaik untuk semua game yang ada. Sedangkan SteamOS adalah sistem operasi yang berdasarkan Arch Linux, yang harus memakai alat kompatibilitas bernama Proton untuk memainkan game yang dirilis untuk Windows.

Steam Deck OLED (Foto: Valve)

Namun Windows bukanlah sistem operasi yang dibuat untuk handheld, pengguna dari ROG Ally sering mengeluhkan bagaimana sulitnya pengalaman mereka mengoperasikan Windows di ROG Ally meskipun dengan hadirnya antarmuka yang dirancang ala handheld untuk memudahkan pengoperasian.

Di sisi lain, meskipun SteamOS tidak dapat memainkan semua game yang telah dirilis di Windows terlebih yang memiliki sistem anti cheat seperti Fortnite dan Roblox, SteamOS kerap kali disebut sebagai salah satu keunggulan dari Steam Deck yang bahkan membuat pengguna handheld gaming lebih memilihnya daripada ROG Ally yang memiliki performa dan kompatibilitas yang lebih baik.

SteamOS memiliki banyak fitur yang cocok untuk sebuah perangkat handheld seperti pembatas TDP, pembatas frame rate, sistem suspend yang instan dan stabil, dan antarmuka yang lebih cocok untuk perangkat handheld.

Jika Valve mulai mendistribusikan SteamOS ke handheld lain secara resmi, kami harap pengalaman handheld gaming di perangkat handheld lain dapat menjadi lebih baik dan harapnya, para developer akan mulai mendukung Linux dan SteamOS secara resmi sehingga game yang dapat dimainkan di sistem operasi pinguin tersebut akan menjadi lebih banyak lagi.

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Student, writer, nerd.