Akhirnya! Jeremy Clarkson Ungkap Identitas The Stig Terakhir di Top Gear

Media 29 Sep 2024

Anda suka acara otomotif Top Gear dari BBC, apalagi ketika trio host mereka - Jeremy Clarkson, Richard Hammond, dan James May masih menjadi bagian dari acara tersebut ketika berada di masa jayanya.

Namun, di luar tiga pembawa acara ikonik mereka, Top Gear juga memiliki satu ikon khas, yakni The Stig, seorang pembalap anonim yang menggunakan pakaian balap dan helm putih yang khas, terkenal sebagai karakter bisu yang tidak pernah bicara, sekaligus berperan mencetak waktu dari berbagai mobil di test track.

FYI, karakter The Stig sendiri diperankan oleh pembalap aktif sepanjang penampilannya di Top Gear, yang identitasnya dirahasiakan oleh BBC. Namun tidak selamanya BBC bisa menyembunyikan identitas The Stig.

Sejauh ini ada dua pembalap yang memerankan The Stig - Perry McCarthy dari 2 musim pertama yang lebih dikenal sebagai Black Stig, lalu dia digantikan oleh Ben Collins dari 2003 sampai 2010 setelah mengungkapkan identitasnya melalui buku biografinya.

Lalu Ben digantikan oleh The Stig baru sejak 2010 hingga jaman trio Chris Harris, Paddy McGuinness dan Freddie Flintoff. Setelah hampir 12 tahun identitasnya dirahasiakan, akhirnya diungkap oleh Jeremy Clarkson sendiri.

Identitas The Stig Terkahir Diungkap oleh Jeremy Clarkson

Jeremy mengungkapkan identitas The Stig terakhir dalam sesi Q&A pada penayangan The Grand Tour: One for The Road di Farmer's Dog Pub di Burford.

"The Stig (yang asli) adalah Perry McCarthy, diikuti oleh Ben Collins, diikuti oleh Phil Keen. Tidak ada 'Top Gear' saat ini jadi tidak ada Stig untuk saat ini, tetapi yang terakhir adalah Phil Keen."

Terungkap sudah bahwa identitas The Stig terakhir adalah Phil Keen, pembalap yang saat ini berkompetisi di European Le Mans Series bersama JMW Motorsport. Menjalani debut sejak 2006, Phil mengantongi 24 kemenangan dan 16 pole-position selama karirnya yang mayoritas di kelas GT3, serta menjadi 3 kali runner-up di ajang British GT Championship, dan memenagkan kejuaraan tersebut pada tahun 2009.

Phil Keen (kiri) dan Adam Balon di Barwell Motorsport pada ajang British GT Championship 2019.

Faktanya, majalah Daily Mail sempat menspekulasi Phill sebagai pengganti Ben Collis memerankan The Stig pada tahun 2010, namun entah kenapa rumor tersebut tidak pernah terkonfirmasi sampai sekarang.

Bicara soal Top Gear, masa depan dari acara TV dari BBC sendiri masih belum jelas pasca kecelakaan yang dialami Andrew ‘Freddie’ Flintoff saat syuting pada Desember 2022.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)