FFWS SEA 2024 Fall Week 4: Tersisa 2 Pekan, Tim Indonesia Tetap Optimis Lolos ke Grand Finals

Gaming 19 Sep 2024

Usai menjalani rehat selama hampir 2 pekan, Free Fire World Series Southeast Asia (FFWS SEA) 2024 Fall kembali dimulai dengan pertandingan Matchday 10-12 atau Week 4.

Meski gagal menjegal didominasi tim Thailand, RRQ Kazu, Bigetron Delta, dan EVOS Divine mampu memetik poin positif dengan mengamankan posisi 12 besar. Sementara itu, ONIC Olympus dan Star Knight Esports yang kini berada di luar zona aman tetap yakin dan akan berjuang semaksimal mungkin untuk lolos ke babak Grand Finals di Surabaya.

Berlangsung pada 13-15 September 2024, Week 4 FFWS SEA 2024 Fall menjadi milik Buriram United Esports yang mampu memperlebar jarak dengan RRQ Kazu. Mereka mencetak 217 poin hingga total poin mereka menjadi 817 poin.

Hasil itu membuat jarak dengan RRQ Kazu yang tadinya 30 poin di Week 3, kini menjadi 121 poin. Mariwat "Wassana" menjadi pemain kunci dengan menyumbang 35 eliminasi di pekan tersebut.

RRQ Kazu ‘Sengaja’ Lepaskan Posisi Puncak ke Buriram, Ini Alasannya!

Menghadapi kedigdayaan Buriram United Esports yang mengemas poin jumbo di Week 4, RRQ Kazu justru melempem dengan hanya mengoleksi 126 poin, menambah total poin menjadi 696. Alih-alih mengejar ketertinggalan atas Buriram, mereka justru malah semakin dekat dari kejaran All Gamers Global (688) dan Twisted Minds (669).

RRQ Kazu

Meski begitu, Coach RRQ Kazu Adi Gustiawan mengatakan bahwa posisi pertama di Knockout Stage memang bukan target mereka. Sehingga, mereka tak merasa keberatan dengan Buriram United Esports menguasai posisi puncak.

“Target kami di Knockout Stage sampai dengan Point Rush dan Grand Finals nanti adalah memperbaiki performa, meningkatkan endurance pemain kami untuk bisa main lebih baik lagi di early, mid, dan late game. Urusan klasemen kita sudah lihat dari musim-musim sebelumnya, tim juara bukanlah yang menjadi pemuncak klasemen Knockout Stage,” ungkap Adi melalui konferensi pers via daring, Rabu (18/9) kemarin.

Tak Masalah Terhalang Jarak, Bigetron Delta Tetap Mampu Naik Takhta

Week 4 FFWS SEA 2024 Fall menjadi salah satu pekan paling menantang bagi tim
Indonesia. Pasalnya, beberapa pelatih dan pemain dari tim Indonesia juga harus mewakili Provinsi mereka masing-masing di Cabor Esports Free Fire di PON XXI Aceh-Sumut pada 14-15 September 2024, berbarengan dengan Matchday 11-12.

Bigetron Delta adalah salah satu tim yang merasakan hal itu. Mereka harus berpisah dengan Ridho Alfian Ramadhan (KYONG) dan Rafik Hidayat (KOJA) yang bermain untuk kontingen Jawa Barat dan Sumatra Selatan.

Bigetron Delta

Tak hanya itu, Coach Christian Jonathan (Chrisjo) juga turut berpartisipasi sebagai Coach Kontingen Jawa Barat. Alhasil, mereka bertiga harus bermain dari Medan, Sumatra Utara, sementara sisa tim lainnya bermain secara langsung di Studio Sepat di Jakarta.

Meski bermain dengan kondisi tidak ideal, mereka tetap mampu menyabet total 175 Poin di Week 4 FFWS 2024. Sang Robot Merah berhasil mengangkat posisinya dari #12 di Week 3 ke #8 di Week 4, menggusur GOW (455) dan HUA Esports (493) dari Vietnam, dan sesama tim Indonesia lainnya EVOS Divine (503) dan ONIC Olympus (438). Sang landak kuning bahkan harus terjungkal keluar 12 besar akibat Bigetron Delta yang naik takhta.

Evos Divine

“Memang menjadi tantangan tersendiri harus bermain terpisah dari Medan dan di Jakarta. Tapi, Puji Tuhan, semuanya bisa berjalan lancar dan kami tetap bisa tampil baik di Week 4. Sebenarnya, bahkan kalau kami tidak ‘LDR’, kami yakin bisa tampil lebih baik lagi. Kami sudah membuktikan kalau jarak, atau tantangan teknis seperti ini bukan hambatan selama kerja sama tim dan komunikasinya tetap berjalan dengan baik,” ungkap Coach Bigetron Delta Chrisjo.

Masih ada 2 Pekan bagi ONIC Olympus & Star Knights Esports

ONIC Olympus dan Star Knight Esports (Sebelumnya Indostars) menjadi dua tim Indonesia yang masih was-was menuju Grand Finals. ONIC Olympus (438) berada di #13, sedangkan Star Knight Esports (387) di #15. Untuk lolos, ONIC Olympus harus memangkas jarak 9 poin dengan P Esports (447) di #12. Sementara itu, Star Knight Esports setidaknya harus memangkas jarak 60 poin dari P Esports untuk masuk ke 12 besar.

Coach ONIC Olympus Ahmad Fadly Masturoh (AFM) mengatakan bahwa di Week 4 anak asuhnya memang gagal tampil sebaik pekan-pekan sebelumnya. Meski begitu, dia tetap yakin timnya bisa masuk kembali ke zona 12 besar sebelum Knockout Stage berakhir.

Onic Olympus

“Di week 4 ini memang kita boleh dibilang tersandung karena gagal mengantisipasi beberapa perubahan strategi dan gameplay lawan, terutama setelah adanya Patch Update baru Free Fire. Tapi kami yakin kami bisa memperbaiki permainan dan tampil baik di sisa 2 minggu terakhir untuk lolos ke Grand Finals,” ungkap AFM.

Ayo Dukung #FFINDOBERSATU di Week 5 FFWS SEA 2024 Fall

FFWS SEA 2024 Fall akan memasuki Week 5 pada 20-22 September 2024. Hanya tersisa 2 pekan lagi bagi seluruh tim asal Indonesia untuk mengamankan posisi di Point Rush dan Grand Final FFWS SEA 2024 Fall pada 11-13 October 2024 di Surabaya.

Saksikan pertandingan Week 5 FFWS SEA 2024 Fall melalui kanal YouTube, Facebook, TikTok Free Fire Esports ID mulai pukul 18.30 WIB. Survivors juga bisa datang ke Studio Sepat, Kebagusan, Jakarta Selatan untuk mendukung tim Indonesia favoritnya secara langsung.

Sumber: Press Release

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.