Sampul Album "prAyer" (Foto: Siaran Pers).

Maki Goto Rayakan Anniversary ke-25 dengan Album "prAyer", Album Pertama Dalam 13 Tahun

Pop Kultur 7 Sep 2024

Tahun 2024 menandai peringatan 25 tahun debut penyanyi J-pop Maki Goto. Memperingati hal tersebut, ia mengumumkan sejumlah proyek spesial.

Setelah merilis single baru yang telah lama ditunggu-tunggu, "CLAP CLAP", secara digital – pertama dalam sekitar 13 tahun – Goto telah merilis mini album dengan lagu orisinal, "prAyer", pada tanggal 4 September.

Sampul Album "prAyer" (Foto: Siaran Pers).

"prAyer" adalah rilisan besar pertama Goto sejak album cover digitalnya dirilis dua tahun lalu, dan karya orisinal baru pertamanya sejak tahun 2011. Mini album tersebut, yang berisi tujuh lagu, menandai kembalinya Maki Goto pada acara peringatan 25 tahun karirnya, dan pasti akan memikat perhatian penggemar lama dan baru.

Dari judul album "prAyer" hingga lirik psikologis yang kuat namun lembut dan pandangan hidup Goto sendiri, ia bernyanyi dengan indah tentang pengalamannya di masa lalu dan masa depan.

Sambil menggabungkan pendekatan baru pada suaranya dengan paduan musik berbagai genre tanpa terpaku pada masa lalu, ini adalah album ambisius yang menunjukkan evolusi menjadi sesuatu yang lebih kuat daripada suaranya di masa-masa menjadi idola, seperti single "CLAP CLAP".

Tentang Maki Goto

Foto Profil Maki Goto (Foto: Siaran Pers).

Maki Goto lahir di Tokyo pada tanggal 23 September 1985. Selama kariernya, ia telah menjadi penyanyi, YouTuber, dan model yang sukses.

Ia bergabung dengan grup idola J-pop legendaris Morning Musume sebagai anggota generasi ketiga setelah lulus audisi tambahan kedua mereka pada tahun 1999. Setelah ia bergabung, single "LOVE Machine" rilis dan menjual lebih dari satu juta kopi.

Pada tahun 2001, ia melakukan debut solonya dengan single "Ai no Bakayarou".

Ia lulus dari kolektif Hello! Project pada tahun 2007 dan bergabung dengan agensi baru pada tahun 2008. Setelah itu, ia merilis "SWEET BLACK feat. MAKI GOTO "pada tahun 2009.

Di YouTube, kanal Goto meliputi Gomaki no Guild, yang berfokus pada permainan video “let’s plays”, dan Gomaki to Ouki☆, yang menyediakan informasi gaya hidup dan kecantikan, dengan kedua saluran tersebut menarik banyak pelanggan dan pemirsa.

Pada bulan September 2024, ia akan mengadakan tur solo khusus untuk merayakan ulang tahun karirnya yang ke-25.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.