Mengenang Maggie Smith, Aktris Ternama yang Perankan Profesor McGonagall

Maggie Smith, aktris asal Inggris yang dikenal dengan perannya sebagai Profesor Minerva McGonagall di seri film "Harry Potter" dan Violet Crawley di "Downton Abbey", meninggal dunia di usia 89 tahun, Jumat (27/9) kemarin.

Sepanjang kariernya, Maggie Smith telah membintangi puluhan film dan meninggalkan kesan mendalam bagi para pencinta sinema Barat.

Profil Maggie Smith

Lahir pada tahun 1934 di Essex, Inggris, Maggie Smith debut sebagai aktris di dekade 1950-an.

Maggie Smith yang Masih Muda (Foto: vogue.co.uk).

Dilansir dari Associated Press, Smith mendapatkan penghargaan Oscar untuk aktris pendukung dalam film “California Suite” pada tahun 1978, Golden Globes untuk “California Suite” dan “A Room with a View,” dan BAFTA untuk aktris utama dalam film “A Private Function” pada tahun 1984, “A Room with a View” pada tahun 1986 dan “The Lonely Passion of Judith Hearne” pada tahun 1988. Smith menerima nominasi Academy Award sebagai aktris pendukung dalam film “Othello,” “Travels with My Aunt,” “A Room with a View” dan “Gosford Park,” dan penghargaan BAFTA untuk aktris pendukung dalam film “Tea with Mussolini”. Beliau juga memenangkan Tony pada tahun 1990 untuk film “Lettice and Lovage.”

Maggie Smith di "Downton Abbey" (Foto: deadline.com).

Sejak 2010, Smith berperan sebagai Violet Crawley, Dowager Countess of Grantham dalam serial TV "Downton Abbey". Dari serial tersebut, Smith mendapatkan tiga penghargaan Emmy, sebuah Golden Globe, dan sejumlah nominasi penghargaan lainnya.

Selain itu, Smith merupakan aktris panggung. Beliau debut di Broadway pada tahun 1956, dan membawakan adaptasi teater panggung "Othello" pada tahun 1965. Namun, sejak didiagnosa dengan kanker saat perekaman "Harry Potter and the Half-Blood Prince," beliau lebih berfokus ke film dan serial televisi.

Smith diberikan gelar Dame pada dekade 1990-an atas kontribusi beliau di dunia hiburan Inggris.

Kematian Maggie Smith

Kedua anak Maggie Smith, Chris Larkin dan Toby Stephens, konfirmasi bahwa ibunya telah tutup usia melalui sebuah pernyataan oleh juru bicara mereka, Clair Dobbs, Jumat (27/9).

“Ia meninggal dunia dengan tenang di rumah sakit pagi ini, Jumat 27 September. Sebagai pribadi yang sangat tertutup, ia bersama teman-teman dan keluarga di akhir hayatnya," kata Dobbs.

“Ia meninggalkan dua putra dan lima cucu yang penuh kasih yang sangat terpukul atas kehilangan ibu dan nenek mereka yang luar biasa.

“Kami ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada staf yang luar biasa di Rumah Sakit Chelsea dan Westminster atas perawatan dan kebaikan mereka yang tak henti-hentinya selama hari-hari terakhirnya."

Anak-anak Smith serta pihak rumah sakit tidak memberikan informasi lebih lanjut mengenai penyakit yang diidap Smith.