Menkominfo Budi Arie Setiadi (Foto: kompas.com).

Menkominfo dan Gibran Rakabuming Buka Suara, Akun Fufufafa Bukan Gibran

Media 10 Sep 2024

Akun Fufufafa yang diduga milik putra sulung Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka telah lama menjadi perbincangan di media sosial, terutama X (Twitter). Sosok tersebut dikenal memiliki jejak menyenggol mantan presiden Indonesia, SBY, serta presiden terpilih Prabowo Subianto di Kaskus.

Menurut laporan detik, netizen mengaitkan akun tersebut dengan Gibran Rakabuming akibat klaim oleh Fufufafa bahwa akun Twitternya adalah @rkgbrn. "Prime ID: Raka Gnarly (lupa password, gak bisa log in). Nama: Raka. Twitter: @rkgbrn," tulis salah satu post oleh Fufufafa.

Hal tersebut semakin dikuatkan dengan mention oleh Kaesang, adik Gibran, yang memiliki username Twitter @kaesangp. "Selamat ultah ibuk sama mas @rkgbrn," tulis cuitan tersebut, yang diunggah pada tahun 2011. Per September 2024, cuitan tersebut telah dihapus.

Menkominfo Telah Investigasi Akun Fufufafa

Melalui jumpa pers di gedung DPR, Selasa (10/9), Menkominfo Budi Arie Setiadi umumkan bahwa Kemenkominfo telah mendalami kasus tersebut sejak pertama kali viral. "Sudah kita pelajarin," ucap Menkominfo, mengutip Kompas.

Menkominfo juga konfirmasi bahwa akun tersebut bukan Gibran. "Bukanlah, bukan (Gibran)," katanya. "Kita nggak tahu, tunggu lagi. Tunggu aja, entar ada waktunya (diungkap)."

Gibran Tidak Tahu Siapa Fufufafa

Hari itu juga, Gibran adakan blusukan di Kecamatan Laweyan, Solo. Saat diminta komentar oleh para wartawan, Gibran mengakui tidak tahu mengenai sosok Fufufafa dan menyarankan untuk tanya pemilik akun.

"Lha mbuh, takono sing duwe akun, kok aku (Tidak tahu, tanyakan ke yang punya akun. Kok ke saya)," ucap Gibran.

Gibran kemudian langsung berpamitan kepada warga dan wartawan, dan meninggalkan lokasi blusukan.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.