Messages di iOS18 (Foto: 9to5mac.com).

Pengguna iOS 18 Temukan Bug Kritis di Messages

Teknologi 20 Sep 2024

Apple rilis pembaruan sistem operasi terbesarnya tahun ini, iOS 18, Senin (16/9) lalu. Sejak itu, pengguna temukan bug yang berkaitan dengan Messages dan Apple Watch yang kasusnya spesifik namun kritikal bagi yang mengalaminya.

Menurut laporan 9to5Mac, bug tersebut muncul jika pengguna membalas pesan watch face Apple Watch di Messages. Jika dibalas, Messages akan crash berulang kali, bahkan sampai aplikasi tersebut tidak dapat digunakan sama sekali.

Parahnya lagi, ini tidak hanya berdampak kepada penerima pesan, namun juga pengirim pesan.

Cara Memperbaiki Bug

Satu-satunya cara untuk memperbaiki bug tersebut adalah untuk menghapus riwayat pesan dengan pengirim. Namun, pengguna akan kehilangan semua data dan file yang tidak disimpan di luar Messages.

Jika berhasil untuk menghapus riwayat pesan namun ingin mengeluarkannya dari tempat sampah, bug tersebut akan datang lagi.

Apple Rilis iOS 18.1 Beta, Akankah Bug Dihilangkan?

Pengguna iOS kini mengharapkan solusi atas bug tersebut di pembaruan berikutnya, terutama di tengah antusiasme watchOS 11 yang memiliki fitur watch face customization yang lebih fleksibel.

Per 20 September, Apple telah rilis versi beta untuk iOS 18.1 yang meminimalisir isu tersebut, namun beta 18.1 belum dapat menghilangkan bug dengan sempurna.

Untuk saat ini, pengguna dihimbau untuk tidak menggunakan fitur pembagian watch face ataupun membalas pesan dari watch face.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.