ASUS Resmi Luncurkan Motherboard ROG, TUF Gaming, Prime, dan ProArt X870, Ini Kelebihannya!

ASUS resmi meluncurkan lini produk motherboard X870E / X870 terbaru dari ROG, ROG Strix, TUF Gaming, Prime, dan ProArt dengan dukungan prosesor Ryzen 9000 Series berbasis AMD Zen 5.

Semua motherboard ini dilengkapi dengan fitur AI optimization, Dynamic OC Switcher, Core Flex, dukungan memori DDR5 dengan Teknologi NitroPath DRAM (hanya pada motherboard ROG Crosshair X870E Hero dan ROG Strix X870E-E Gaming WiFi), AEMP, PCIe® 5.0, dan WiFi 7 dengan ASUS WiFi Q-Antenna (pada model yang mendukung fitur WiFi).

Selain itu, pengguna juga akan dimanjakan dengan solusi EZ PC DIY yang menawarkan kemampuan penyesuaian performa, solusi pendinginan yang efisien, peningkatan konektivitas, serta pengalaman pemasangan yang mudah.

Socket AM5 pastikan performa dua kali lebih cepat

Perbedaan mencolok antara motherboard X870E dan X870 adalah chipset X870E menghadirkan opsi kelas atas dengan fitur lengkap dari CPU AMD Ryzen 9000 Series.

Berbekal dukungan DDR5, konektivitas PCIe 5.0 untuk grafis dan SSD, dua port USB4® onboard, serta dukungan peningkatan overclocking CPU dan memori terbaru, motherboard tersebut siap memaksimalkan CPU terbaru hingga ke batas kemampuannya.

Di sisi lain, karena memiliki dua chipset, motherboard X870E menyuguhkan lebih banyak jalur PCIe. Pada WiFi ProArt X870E-Creator, misalnya, pengguna dapat menggunakan port Ethernet Marvell® 10Gb.

Unggul dengan kontrol cerdas

PC AI dari ASUS menawarkan kemudahan opsi optimasi kinerja sistem hanya dengan sekali klik.

Pada motherboard ASUS X870E dan X870, pengguna disuguhkan beragam tool untuk memaksimalkan kinerja CPU AMD Ryzen 9000 Series yang dimilikinya seperti AI Overclocking, Dynamic OC Switcher, Core Flex, AI Cooling II, dan AI Networking II.

Dengan fitur-fitur ini, pengguna dapat menekan kebisingan kipas dengan tetap memaksimalkan pendinginan, memastikan koneksi yang mudah ke PC, serta mengoptimalkan pengaturan jaringan.

Pengguna akan mendapatkan akses ke semua fitur ini pada motherboard ROG, TUF Gaming, dan ProArt X870E dan X870. Dengan motherboard Prime X870-P WiFi, pengguna akan memiliki akses ke AI Cooling II dan AI Networking II, sedangkan motherboard Prime X870-P menawarkan AI Cooling II.

Peningkatan DDR5 ke level berikutnya 

Sebagian besar alur kerja AI sangat mengandalkan memori berkapasitas besar dan cepat.

Oleh karena itu, DDR5 sangat cocok untuk kebutuhan tersebut karena memiliki kapasitas tinggi dan bandwidth tingkat berikutnya.

Motherboard X870E dan X870 memberikan kebebasan kepada pengguna untuk merancang PC AI-nya dengan kemampuan penyesuaian kit memori untuk menghadirkan performa maksimal atau stabilitas absolut.

Konektivitas generasi berikutnya dengan USB4

Setiap motherboard X870 / X870E telah dibekali dengan sepasang port USB4 onboard. Dengan port bandwidth tinggi yang fleksibel ini, motherboard hadirkan kemampuan yang luas.

Fitur utama dari USB4 yaitu tersedianya bandwidth bi-directional dengan kecepatan hingga 40 Gbps yang sempurna untuk koneksi cepat ke drive penyimpanan eksternal.

DIY PC yang mudah menjadi lebih sederhana

Merakit PC sering dianggap sebagai proses yang sulit. Faktanya, merakit PC jauh lebih mudah dibandingkan pikiran banyak orang. Dan proses itu menjadi semakin mudah dengan menggunakan motherboard X870E dan X870 kami.

Hal ini dimulai dengan perubahan pada antarmuka BIOS. Kami telah meningkatkan resolusi antarmuka BIOS menjadi 1920 x 1080.

Dengan perubahan ini, pengguna akan melihat lebih banyak pilihan dengan cepat, sehingga mempermudah pemilihan pengaturan yang tersedia serta menemukan pengaturan yang dibutuhkan.

Perusahaan juga mempermudah proses pemasangan dan penggantian kartu grafis dan drive M.2 melalui Q - Release Slim terbaru. Mekanisme PCIe Slot Q - Release Slim terbaru yang tersedia pada model ASUS X870E dan X870 ROG, ROG Strix, dan ProArt ini mempermudah pengguna melepaskan kartu grafis tanpa harus membuka kait atau menekan tombol.

Sebagian besar perakit memilih drive M.2 2280. Meskipun demikian, mereka bisa saja masih memiliki perangkat 2242 atau 2260 berukuran pendek yang ingin dipasang pada PC barunya. Untuk mengatasi kebutuhan ini, ASUS menghadirkan M.2 Q, fitur eksklusif dari ASUS ini menyediakan mekanisme geser di atas jalur dan mengunci pada tempatnya untuk menahan perangkat M.2 dengan aman.

Hadirkan PC AI

Dibandingkan komponen lainnya, motherboard menjadi fondasi untuk segala hal yang akan didapatkan pengguna dari PC mereka selanjutnya.

Motherboard ASUS X870E dan X870 menyediakan fitur yang memaksimalkan kemampuan CPU dan GPU konsumer berperforma tinggi di pasaran kepada pengguna.

Konektivitas fleksibel, slot M.2 berkecepatan tinggi yang melimpah, serta opsi jaringan canggih memastikan pengguna dapat membangun konfigurasi PC lengkap yang sama canggihnya dengan prosesor inti.

Pengguna juga disuguhkan dengan fitur ASUS terbaru yang menyederhanakan proses perakitan serta sejumlah tool optimasi cerdas dengan sekali klik.

Dengan PC AI yang ditenagai oleh motherboard ASUS X870E/X870 dan CPU AMD Ryzen 9000 Series, siapa pun tidak akan mengetahui apa yang dapat dicapai oleh pengguna ke depannya.

Model Name

MSRP

ROG Crosshair X870E Hero

Rp12,480,000

ROG Strix X870-F Gaming Wifi

Rp8,760,000

TUF Gaming X870-Plus WiFi

Rp6,690,000

Prime X870-P WiFi-CSM

Rp5,860,000

Sumber: Press Release