Salah satu lini motherboard terbaru dari ASUS dengan chipset Z890, yakni ROG Strix-E, Strix-F, Strix-A, dan Strix-I. (Foto: ASUS)

ASUS Resmi Umumkan Jajaran Motherboard Dengan Chipset Z890

Teknologi 18 Okt 2024

Setelah pada beberapa hari lalu Intel mengumumkan lini prosesor terbarunya, yakni Core Ultra Series 2, kali ini giliran pabrikan asal Taiwan, ASUS unjuk gigi memperkenalkan deretan motherboard berchipset Z890 yang kompatibel dengan prosesor terbaru Intel tersebut.

Produk motherboard yang diumumkan ASUS pun beragam, mulai dari lini produk ROG Maximus, ROG Strix, TUF Gaming, ASUS Prime, hingga ProArt dengan dukungan prosesor Intel® Core™ Ultra (Series 2) yang siap mendukung berbagai macam kebutuhan pengguna.

Dipersiapkan Untuk Era AI

Menggunakan soket LGA 1851 dari Intel, lini motherboard Z890 dari ASUS ini mendukung prosesor Intel Core Ultra (Series 2) yang siap membawa pengguna kepada pengalaman AI yang menakjubkan. Selain itu, selayaknya motherboard kelas atas dari ASUS, lini Z890 terbaru ini juga mendukung overclocking pada CPU agar performa yang didapatkan selalu optimal.

Dengan fitur ASUS AI Advisor, para perakit PC, khususnya pemula, tidak perlu khawatir bagaimana cara mengoptimalkan performa PC mereka. Berkat fitur optimasi seperti AI Overclocking dan AI Cooling II, teknologi ini memberikan penjelasan yang mudah tentang fitur optimasi yang dapat dilakukan dengan sekali klik.

Pengguna motherboard yang kompatibel dapat berinteraksi dengan teknologi berbasis AI ini menggunakan bahasa sehari-hari untuk mempelajari lebih jauh mengenai hardware mereka. Sementara bagi para perakit PC berpengalaman, fitur asisten tersebut memberikan panduan dan petunjuk tentang fitur-fitur terbaru yang ditawarkan oleh ASUS.

Kemudahan Menghubungkan Peripheral dengan Konektivitas Berlimpah

Selain terdapat fitur AI cerdas, pada motherboard ASUS Z890 juga dilengkapi berbagai opsi konektivitas, salah satunya port USB yang melimpah, jaringan berkecepatan tinggi, beragam slot M.2, dan masih banyak lagi.

Selain itu, prosesor Intel Core Ultra (Series 2) dan chipset terbaru menyediakan I/O yang lebih luas. Pengguna disuguhkan berbagai opsi untuk menghubungkan hardware ke sistem baru mereka dengan hingga 20 jalur PCIe® 5.0 dari CPU dan jalur PCIe® 4.0 yang lebih banyak dari chipset.

ASUS menghadirkan beragam fitur motherboard terbaru yang mempercepat kinerja dan mempermudah proses rakit PC. ASUS merilis ASUS AI Advisor sebagai fitur asisten proses rakit PC terbaru berbasis AI.

Selain itu, AEMP III, NitroPath DRAM Technology, dan DIMM Fit dihadirkan untuk memaksimalkan kit memori DDR5. NPU Boost mendukung overclocking NPU yang terintegrasi dalam CPU Intel Core Ultra ( Series 2 ) agar mempercepat kinerja AI. ROG M.2 Powerboost memberikan lebih banyak slot M.2 dibandingkan motherboard sebelumnya. Terakhir, ASUS juga menyediakan Thunderbolt™ 5, WiFi 7, dan fitur DIY PC terbaru.

Dukungan fitur AI PC pada beragam motherboard ASUS. (Foto: ASUS)

Merakit PC Lebih Mudah dengan ASUS Q-Mechanism

Merakit PC jauh lebih mudah dari yang dipikirkan banyak orang. Dan proses itu menjadi semakin mudah dengan menggunakan motherboard Z890 ASUS.

Pemasangan dan penggantian kartu grafis menjadi lebih sederhana melalui Q - Release Slim. Mekanisme PCIe Slot Q - Release Slim terbaru mempermudah pengguna dalam melepaskan kartu grafis tanpa harus membuka kait atau menekan tombol.

Untuk membantu proses pemasangan beragam ukuran drive M.2, ASUS menghadirkan M.2 Q - Slide terbaru di beberapa motherboard tertentu. Fitur ini menghadirkan mekanisme geser di atas jalur, kemudian kunci secara kuat tepat di tempatnya. ASUS juga telah memperbarui sistem M.2 Q-Latch tanpa alat yang telah teruji dan terbukti efektif untuk kompatibilitas dengan berbagai ukuran drive.

Pengguna yang membutuhkan bantuan untuk memulai merakit PC pertamanya atau mencari inspirasi untuk mendesain PC berikutnya, silakan kunjungi portal PC DIY agar mendapatkan informasi mendalam mengenai informasi produk terbaru, video rakit PC, serta rekomendasi rakitan yang mempermudah penyusunan daftar belanja. Merakit PC lebih mudah daripada yang dibayangkan dan ASUS dengan senang hati membantu penggunanya untuk memulai.

Ketersediaan & Harga

Jajaran motherboard ASUS Z890 telah tersedia di seluruh dunia. Silakan hubungi perwakilan ASUS setempat untuk informasi lebih lanjut. Pengguna yang membutuhkan bantuan untuk memulai merakit PC pertamanya atau mencari inspirasi untuk mendesain PC berikutnya, dapat mengunjungi portal PC DIY ASUS agar mendapatkan informasi mendalam mengenai informasi produk terbaru, video rakit PC, serta rekomendasi rakitan yang mempermudah penyusunan daftar belanja.

Sumber : Press Release

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.