BYD Song DM-i, model yang digadang-gadang akan diluncurkan untuk pasar Indonesia. (Foto: BYD)

BYD Bersiap Luncurkan Dua Model Baru Untuk Pasar Indonesia

Otomotif 18 Okt 2024

Produsen kendaraan listrik asal China, BYD, mengisyaratkan akan segera meluncurkan dua model mobil hybrid di Indonesia. Langkah ini mempertegas komitmen BYD dalam mengembangkan pasar otomotif Indonesia yang semakin tertarik dengan kendaraan ramah lingkungan.

Usung Teknologi PHEV DM-i BYD

Menariknya, kali ini BYD akan memasuki pasar Indonesia dengan meluncurkan mobil hybrid. Padahal, BYD lebih dikenal sebagai produsen besar mobil listrik dengan model-model populernya seperti BYD Seal, BYD Atto, BYD Dolphin, dan BYD M6.

Mengutip dari laman Bloomberg Technoz pada Kamis (17/10), Rumor tersebut semakin menguat berkat adanya dokumen Berita Resmi Desain Industri No. 56/DI/2024 yang dirilis oleh Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri, bagian dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Berkat paten tersebut, pabrikan asal Tiongkok ini semakin memperkuat posisinya di pasar otomotif Indonesia.

Gambar paten dari model PHEV dari BYD, BYD Song L DM-i yang telah diluncurkan di Tiongkok beberapa waktu lalu. (Foto: BYD via Bloomberg Technoz)

Berdasarkan siluet desain mobil yang diajukan, kemungkinan besar model mobil tersebut merupakan BYD Song L DM-i yang belum lama ini dipasarkan di Negeri Panda dengan penggerak plug-in hybrid.

Mengutip dari laman CarNewsChinakendaraan plug-in hybrid electric vehicles (PHEV) dari BYD tersebut dilengkapi dengan sistem hybrid DM-i 5.0 milik BYD, menggabungkan mesin bensin 1,5 liter yang ditandemkan dengan motor listrik, menghasilkan tenaga puncak 160 kW (sekitar 217 dk).

Efisiensi konsumsi bahan bakarnya diklaim hanya memerlukan 3,4 liter untuk setiap 100 kilometer, dengan jarak tempuh total yang mencapai hingga 2.000 kilometer.

BYD Song L DM-i. (Foto: BYD)

Juga Boyong Model Offroad Bao 8

Selain itu, salah satu desain mobil lain yang diduga juga telah diajukan untuk pematenan hak desain adalah BYD Fang Cheng Bao (FCB) Bao 8, sebuah mobil hybrid dari BYD yang memiliki desain model offroad.

BYD Fang Cheng Bao (FCB) Bao 8 dikabarkan akan mulai meluncur di Indonesia pada November 2024. Bahkan, BYD sudah membuka pre-order resmi untuk mobil tersebut.

Siluet dari BYD Fang Cheng Bao 8. (Foto: BYD via Bloomberg Technoz)

Peluncuran ini juga sejalan dengan pernyataan dari Head of PR and Government Relations PT BYD Indonesia, Luther Panjaitan, yang sebelumnya menyebutkan bahwa BYD sedang mempersiapkan kejutan baru berupa peluncuran produk atau inovasi teknologi terbaru.

"Terkait gebrakan yang dimaksud, BYD telah mempersiapkan teknologi dan inovasi terbaru untuk masyarakat Indonesia. Mohon ditunggu kabar baik dari kami," ujarnya kepada Bloomberg Technoz.

BYD Fang Cheng Bao 8. (Foto: BYD)

Rencana Penanaman Modal di Indonesia

Produsen kendaraan listrik asal Tiongkok ini juga nampaknya berencana untuk membangun pabrik di Indonesia. PT BYD Motor, sebagai ATPM merek BYD di Indonesia, kabarnya tengah menanamkan modal senilai Rp11.700 miliar ($754 juta) dengan proyeksi kapasitas 150.000 kendaraan listrik per tahun, mengutip dari laman TheInvestor pada Kamis (17/10) kemarin.

Andy Lin, direktur administrasi BYD, mengatakan bahwa BYD akan meluncurkan lebih banyak model kendaraan listrik di Indonesia dan memperkenalkan model plug-in hybrid (PHEV).

Perusahaan ini juga akan mengintegrasikan kemampuan manufaktur otomotif terbaik di Indonesia dengan teknologi mutakhir untuk mendukung rantai industri otomotif di Indonesia.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.