SUV midsize dari BYD, BYD Sealion 7. (Foto: BYD)

BYD Sealion 7 Unjuk Gigi di Ajang Paris Motor Show 2024

Otomotif 19 Okt 2024

Kiprah BYD di Eropa nampaknya berjalan mulus, dengan tujuh model yang sudah dijual dan dibicarakan untuk diproduksi di Eropa. Kali ini, mereka telah meluncurkan model kedelapannya di Paris Motor Show yakni BYD Sealion 7, mengutip dari laman Independent.co.uk pada Selasa (15/10) lalu.

BYD Sealion 7 ini merupakan model terbaru dari seri lautan dari BYD, setelah model sedan BYD Seal dan hatchback BYD Dolphin yang telah dipasarkan terlebih dahulu.

Mengambil referensi lautan, tentunya banyak sekali inspirasi dalam siluet pada model SUV midsize dari BYD ini, seperti lampu depan LED 'mengambang', lekukan yang disebut-sebut menggemakan gerakan ombak, dan lampu belakang 'tetesan air'. Selain itu, terdapat garis desain ala model lautan BYD lain, seperti gagang pintu 'sayap mengambang' di dalamnya.

Usung Baterai Besar 82.5 kWh Berteknologi LFP

Belum banyak informasi teknis yang diberikan tentang BYD Sealion 7, namun salah satu hal utama ialah penggunaan arsitektur e-platform 3.0 seperti adiknya BYD Seal, meskipun Sealion 7 lebih panjang 10mm dari sedan di 4,83m.

Mengusung baterai 82,5kWh, SUV midsize dari BYD ini kabarnya akan menggunakan baterai yang sama dengan BYD Seal. Namun, dengan bobot yang lebih berat, BYD Sealion 7 tentunya akan mendapatkan jarak tempuh maksimum yang lebih pendek dibandingkan dengan saudaranya, BYD Seal yang memiliki jarak tempuh hingga 354 mil (sekitar 569,70 km).

Sama seperti model elektrik BYD lain, BYD Sealion 7 juga akan menggunakan teknologi blade battery milik BYD yang cerdas, yang memadatkan jumlah sel baterai pada area yang lebih kecil daripada baterai konvensional. Dengan ukuran paket baterai lebih ringkas, memungkinkan lebih banyak ruang di dalam BYD Sealion 7 serta lantai yang lebih rata dibandingkan pesaingnya.

Baterai menggunakan lithium iron phosphate (LFP) sebagai bahan katoda, memberikan manfaat keamanan dan umur yang panjang, serta bebas kobalt. Baterai LFP juga lebih tahan terhadap perubahan suhu, meskipun BYD Sealion 7 juga dilengkapi dengan pompa panas standar untuk meningkatkan efisiensi dalam cuaca dingin.

Baterai blade dipasang di dalam mobil menggunakan teknologi cell-to-body BYD, di mana baterai merupakan bagian integral dari mobil, sehingga meningkatkan keamanan dan meningkatkan kekakuan pada cangkang bodi mobil.

Meskipun BYD belum secara resmi mengumumkan ukuran baterai atau rincian jangkauan, BYD mengatakan bahwa Sealion 7 akan tersedia dalam bentuk penggerak dua dan empat roda, dengan model paling sporty yang dapat melaju dari 0-62 mph hanya dalam waktu 4,5 detik. Itu 0,7 detik di belakang model Seal yang setara.

Interior BYD Sealion 7. (Foto: BYD)

BYD mengungkapkan bahwa baterai di Sealion 7 dapat diisi ulang dengan kecepatan hingga 230kW, lebih cepat daripada yang tersedia di Seal.

Di dalam, lantai yang rendah dan plafon yang lebih tinggi berarti kabin yang jauh lebih luas pada Sealion 7 daripada Seal. Terdapat layar infotainment 15,6 inci yang sama yang dapat diputar, meskipun layar tampilan pengemudi digital disematkan di dasbor dalam yang membentang sepanjang kabin.

Kursi sport tersedia, seperti halnya panoramic sunroof berukuran penuh, ditambah pengisian daya ponsel cerdas nirkabel, kulit vegan, dan beragam fitur bantuan pengemudi.

Eksterior BYD Sealion 7. (Foto: BYD)

Wakil presiden eksekutif BYD, Stella Li, mengatakan bahwa perusahaan telah “memperhatikan permintaan untuk jenis kendaraan ini di Eropa, jadi kami sangat senang untuk memperkenalkan Sealion 7 di sini di Paris.

“Kami yakin bahwa perpaduan desain dan kemasan SUV, teknologi baterai blade, jangkauan, kinerja, dan spesifikasi yang besar akan menarik bagi banyak pelanggan di seluruh Eropa. Sealion 7 menunjukkan bagaimana BYD bereaksi terhadap permintaan dan selera pelanggan di wilayah ini dan memperluas jajaran produk kami untuk memastikan cakupan terbaik dari jenis kendaraan yang paling penting. Ini akan menjadi faktor kunci saat kami terus memperluas jangkauan kami di Eropa.”

Harga dan Ketersediaan

Belum ada kabar mengenai harga untuk BYD Sealion 7, tetapi kami berharap harganya akan berada di atas Seal dalam jajaran produk BYD. Seal dibanderol mulai dari £45.695 untuk versi penggerak dua roda, jadi harga di bawah £50.000 untuk BYD Sealion 7 tampaknya mungkin. Pemesanan pertama diharapkan pada bulan ini dengan pengiriman pertama pada akhir tahun.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.