Penampilan LoveLive Stage! dari Eqourz yang menjadi Aqours (Foto: Redaksi Media Formasi/Muhammad Fadly Saripudin)

[Liputan] Yokino Omatsuri Berikan Angin Segar Event Jejepangan di Bandung

Pop Kultur 23 Okt 2024

#MedForSquad kali ini menghadiri salah satu acara pop kultur Jejepangan yang menjadi angin segar di Bandung, yaitu Yokino Omatsuri! Acara ini dimeriahkan dengan berbagai booth idol, komunitas, makanan, serta penampilan guest star dan cosplayer.

Dengan harga tiket On The Spot sebesar 35 ribu rupiah dan Pre-sale 30 ribu rupiah, bagaimana sih keseruannya? Simak ulasannya berikut!

Pemilihan Venue Gedung DITAJENAD Siliwangi yang Strategis

Pemilihan Venue Yokino Omatsuri yang diadakan pada tanggal 22 September 2024 lalu ini cukup strategis, di dekat pusat kota Bandung, yaitu di Area Gedung Serbaguna DITAJENAD Siliwangi yang merupakan komplek militer, sehingga pengunjung tidak khawatir jarak tempuh yang jauh.

Penempatan event juga dibuat dengan 2 bagian, yaitu bagian Indoor dan bagian Outdoor.

Pembeda dari Event Jejepangan lain di Bandung: LoveLive Stage dari berbagai generasi!

Guest Star LoveLive Stage dari berbagai generasi (Foto: Redaksi Media Formasi/Muhammad Fadly Saripudin)

Salah satu penampilan yang menjadi daya tarik pada event ini ialah penampilan dari LoveLive Stage cover dari berbagai generasi unit idol dari seri anime LoveLive, bisa dibilang ini merupakan LoveLive Stage pertama di Indonesia.

Dihadiri oleh Egami dari Jabodetabek sebagai μ's (Myussu), Eqourz dari Yogyakarta sebagai Aqours, Sakura Hikari dari Bandung sebagai Nijigasaki dan Saint Snow, Candys dari Semarang sebagai Liella, dan Aqua Lilium dari Malang, yang baru pertama kali debut sebagai group di event ini, sebagai Hasu No Sora.

Menghadirkan Berbagai Komunitas dari Berbagai Fandom

Booth Project Anikura yang membuka workshop Basic Mixing, Open Deck, dan juga Trying DJ Equipment (Foto: Redaksi Media Formasi/Pratama Bayu P)

Selain Main Stage, Yokino Omatsuri juga menghadirkan beberapa komunitas seperti LoveLive! Bandung, Idolm@ster Bandung, BARAYA (Blue Archive Bandung Raya), dan Project Anikura.

Di sela performance, Project Anikura mengadakan workshop yang membahas seputar DJ dan Mixing yang sangat menarik untuk diikuti. Selain itu, booth LoveLive Bandung juga mengadakan kuis dan giveaway kecil-kecilan untuk pengunjung dan member dari komunitasnya.

Booth Merchandise yang Banyak Diminati Pengunjung

Booth Merchandise dari LoveLive Stage Guest Star (Foto: Redaksi Media Formasi/Muhammad Fadly Saripudin)

Tentunya selain acara utama di stage, Yokino Omatsuri menghadirkan booth makanan dan booth merchandise dari para guest star. Booth-booth di sini menjual mulai poster, photopack, keychain, hinga cheki dengan member dari grup guest star tersebut.

Selain booth merchandise, ada salah satu booth yang unik, yaitu booth jasa pijat yang disediakan. Jadi tak perlu khawatir badan sakit habis ngidol bareng di stage.

Performance dari Guest Star Lainnya yang Tidak Kalah Seru!

 Keseruan penonton disaat penampilan DJ Senkawa (Foto: Redaksi Media Formasi/Pratama Bayu P)

Selain menghadirkan LoveLive Stage, Yokino Omatsuri juga menghadirkan stage performance dari DJ Senkawa dari Project Anikura, Otona Gaki, Kirin Day, Muses, dan More More Types. Selain performance stage, ada juga cosplay performance dari cosplay group Hokage Santuy dan juga cosplay walk contest yang dijurikan oleh Kamen Suki.

Otsukare Yokino Omatsuri!

Yokino Omatsuri ditutup dengan penuh kegembiraan dan memori yang tak terlupakan dari berbagai penampilan dan kegiatan seru.

Event ini juga menjadi salah satu event yang mendobrak standar event Jejepangan yang ada di Bandung, yang dikala artikel ini ditulis, masih banyak didominasi oleh event cosplay saja, dan tidak memberdayakan komunitas kreatif dan fandom.

Semoga Yokino Omatsuri hadir kembali ke depannya untuk menjadi pemersatu komunitas-komunitas Jejepangan di Bandung.

Tag

Muhammad Fadly Saripudin

Graphic Design, Programming, Japanese Pop Culture Enthusiast