Chipset flagship terbaru dari MediaTek, MediaTek Dimensity 9400. (Foto: MediaTek)

MediaTek Resmi Rilis Dimensity 9400 Dengan Performa AI Efisien

Teknologi 19 Okt 2024

Setelah mengejutkan dunia pada perilisan seri Dimensity 9000 pada 2022 silam, dengan performa yang dapat disandingkan dengan kompetitornya seperti Snapdragon seri 8, kali ini mereka pun resmi merilis penerus dari lini flagship mereka, yakni Dimensity 9400.

Chipset flagship dari MediaTek ini menawarkan pengalaman lebih baik dan efisien, khususnya aplikasi AI, game yang imersif, fotografi yang luar biasa, dan masih banyak lagi.

Spesifikasi MediaTek Dimensity 9400

Menjadi chipset kelas atas dari MediaTek, Dimensity 9400 ini menawarkan peningkatan performa yang masif dengan dibangun di atas arsitektur CPU Arm v9.2 dipadu dengan GPU dan NPU tercanggih untuk performa ekstrim dalam desain yang sangat hemat daya.

Namun, tidak seperti prosesor mobile kebanyakan yang mengadopsi desain big.LITTLE dengan konfigurasi inti yang berbeda seperti inti performa (big) dan hemat daya (LITTLE), seri Dimensity 9400 ini memakai inti performa pada seluruh kluster inti mereka, yang juga digunakan pada pendahulunya, yakni Dimensity 9300.

Seperti pendahulunya, seri Dimensity 9400 mengadopsi desain Big Core generasi kedua dari MediaTek, yang mengintegrasikan satu inti Arm Cortex-X925 yang beroperasi pada kecepatan lebih dari 3.62GHz, dikombinasikan dengan inti 3x Cortex-X4 dan 4x Cortex-A720.

Tampilan CPU dari Dimensity 9400, menampilkan berbagai kluster performa pada semua CPUnya. (Foto: MediaTek)

Desain ini menawarkan performa single-core 35% lebih cepat dan performa multi-core 28% lebih cepat dibandingkan dengan chipset unggulan MediaTek generasi sebelumnya, Dimensity 9300.

Dibangun di atas proses 3nm generasi kedua TSMC, Dimensity 9400 diklaim MediaTek llebih hemat daya hingga 40% dibandingkan dengan pendahulunya, sehingga pengguna dapat menikmati masa pakai baterai yang lebih lama.

“MediaTek Dimensity 9400 akan terus melanjutkan misi kami untuk menjadi pendorong AI, mendukung aplikasi-aplikasi canggih yang mengantisipasi kebutuhan pengguna dan beradaptasi dengan preferensi mereka, sekaligus mendorong teknologi AI generatif dengan pelatihan LoRA dan pembuatan video di perangkat,” ujar Joe Chen, Presiden MediaTek.

“Sebagai chipset unggulan generasi keempat, Dimensity 9400 terus membangun momentum pertumbuhan pangsa pasar yang stabil, dan warisan MediaTek dalam menghadirkan kinerja unggulan dalam desain yang paling efisien untuk pengalaman pengguna yang terbaik,” lanjutnya.

Didukung NPU Terbaru Untuk Memberikan Pengalaman AI Fantastis

Mengusung NPU Generasi ke-8 MediaTek, Dimensity 9400 menawarkan sejumlah hal yang pertama di industri untuk kinerja AI generatif yang luar biasa; ini adalah chipset mobile pertama yang menawarkan pelatihan LoRA di perangkat, pembuatan video di perangkat berkualitas tinggi, dan dukungan pengembang untuk Agentic AI.

Untuk memungkinkan pengguna memanfaatkan aplikasi agentic dan generative AI terbaru, Dimensity 9400 menawarkan performa large language model (LLM) yang lebih cepat hingga 80% dan juga lebih hemat daya hingga 35% dibandingkan Dimensity 9300.

Dimensity 9400 juga mengintegrasikan Dimensity Agentic AI Engine (DAE) baru dari MediaTek, yang didesain untuk mengubah aplikasi AI tradisional menjadi aplikasi AI yang canggih. MediaTek bekerja sama dengan para pengembang untuk menawarkan antarmuka terpadu antara agen AI, APK pihak ketiga, dan model yang secara efisien menjalankan AI dan layanan cloud.

Pendekatan yang disederhanakan ini memungkinkan model untuk bekerja dengan banyak APK pihak ketiga yang berbeda, yang mengurangi waktu pengembangan dan akan membantu mengantarkan ekosistem baru aplikasi AI agentic.

GPU 12-inti Baru yang Dengan Fitur Layaknya PC Desktop

Arm Immortalis-G925 dengan 12-core memberikan pengalaman bermain game yang sangat imersif dengan kinerja raytracing hingga 40% lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dimensity 9400 juga menghadirkan fitur-fitur tingkat PC ke smartphone dengan dukungan opacity micromaps (OMM) untuk efek yang realistis.

GPU yang kuat dari chipset ini juga menawarkan 41% peningkatan kinerja puncak dengan penghematan daya hingga 44% dibandingkan dengan Dimensity 9300, sehingga pengguna dapat bermain game lebih lama. Selain itu, Dimensity 9400 mendukung teknologi HyperEngine untuk resolusi super dan kualitas gambar yang mengesankan, yang dikembangkan bersama oleh MediaTek dan Arm Accurate Super Resolution (Arm ASR).

Dengan MediaTek Imagiq 1090, Dimensity 9400 menyediakan perekaman video HDR di seluruh rentang zoom sehingga pengguna bisa mengambil momen yang sempurna dari kejauhan; teknologi Smooth Zoom dari MediaTek juga memudahkan untuk mengambil gambar subjek yang bergerak.

Selain itu, kamera ini dirancang untuk meminimalisir konsumsi daya saat pengguna mengambil foto dan video, menawarkan konsumsi daya yang lebih rendah hingga 14% pada perekaman video 4K60 dibandingkan dengan Dimensity 9300.

Fitur tambahan dari Dimensity 9400 meliputi:

  • Chip kombo Wi-Fi/Bluetooth 4nm baru dengan performa kecepatan data 7,3Gbps dan konsumsi daya yang lebih rendah hingga 50% dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
  • Dukungan untuk Wi-Fi 7 tri-band MLO.
    MediaTek Xtra RangeTM 3.0, yang memberikan jangkauan Wi-Fi lebih luas hingga 30m.
  • 5G/4G Dual SIM Dual Active, kemampuan Dual Data untuk memberikan fleksibilitas lebih kepada pengguna.
  • Dukungan untuk smartphone tri-lipat yang memberikan fleksibilitas kepada pembuat smartphone untuk mendesain faktor bentuk baru yang inovatif.

Smartphone pertama yang ditenagai oleh MediaTek Dimensity 9400 akan tersedia di pasar mulai Q4 tahun 2024.

Sumber: Press Release

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.