Menu Tutup

Opini : Tokopedia Ramadan Ekstra, Ekstra Server Down Pula

Hai, MedForians!
Tokopedia kini menjadi fokus perhatian kali ini. Apakah kalian mengikuti program promo “Ramadan Ekstra” dari toko daring berlogo burung ini?

Digembar-gemborkan

Promo yang digembar-gemborkan Tokopedia ini dapat ditemui di hampir seluruh stasiun televisi, ditambah dengan iklan di internet, juga di beberapa media cetak dan baliho.
Tak tanggung-tanggung, tiga stasiun televisi yakni NET (yang 10% sahamnya dimiliki oleh Tokopedia), MNCTV, dan Trans 7 juga ‘disuapi’ acara blocking time Tokopedia dengan penampilan beragam artis didalamnya pada tanggal 24 Mei malam hari tadi.

Rayuan Pengunaan Aplikasi


Ajakan penggunaan aplikasi telepon genggam Tokopedia di ponsel Android dan iOS pun juga menjadi rayuan Tokopedia bagi calon pemburu diskonan.
Aktifitas mengocok telepon pintar (Shake-shake) untuk mendapatkan kupon gratis ongkir ataupun cashback hingga diskon iPhone X hingga harganya jatuh menjadi sekitar sejutaan jadi andalan Tokopedia.

Jikalau Saja Servernya Kuat…

Dan puncaknya, di acara blocking time yang kami sebut di awal, menjadi ladang kekecewaan para pemburu diskonan.
Bayangkan, beribu pengguna mengakses Tokopedia di waktu yang sama dalam komando pembawa acara yang sama. Jikalau server website Tokopedia setara dengan server milik Google atau Facebook, bisa saja semua pengguna terpuaskan dengan hadiah dari kocokan ponsel mereka, walau tak seberapa.
Namun kenyataannya tidaklah demikian. Server Tokopedia langsung jebol, down, dan sering sulit diakses.
Baiklah, mungkin banyak yang masih bisa ikhlas akan hal ini.
Keesokan harinya, lebih tepatnya pada hari saat post ini ditulis, lebih banyak promo yang dilakukan Toped pada hari ini. Flash sale ponsel Xiaomi, Drone DJI, dan berbagai produk lainnya hingga mencapai harga 25 ribu saja tentunya terlalu menarik bagi masyarakat Indonesia.
Alhasil, inilah yang terjadi.

Setelah beberapa kali peladen Tokopedia mengalami down, akhirnya pun barang yang ingin saya dapatkan gagal diraih.

BACA JUGA :  Hari Pers Nasional, Jokowi Terima Medali Kemerdekaan Pers

Keberhasilan dari Ketidaksiapan

Tokopedia memang sukses, dan berhasil dalam promosinya kali ini. Pengunjung dan pengunduh aplikasi Tokopedia langsung melonjak drastis.
Seluruh admin Media Formasi langsung membicarakan akan promosi “gila” ini. Obrolan grup langsung penuh akan notifikasi. Tak hanya itu, Grup LINE kelas sekolah saya juga dipenuhi pembicaraan mengenai program ini, yang biasanya hanya membahas PR.
Namun terlepas dari segala “trending” tersebut, apakah platform belanja online satu ini sudah siap dengan promosi yang dibuatnya sendiri?
Jawabannya Belum.
Memang, modal yang dikeluarkan sangatlah banyak. Namun, alangkah baiknya jika Tokopedia mempersiapkan animo masyarakat yang sebesar ini dengan menyiapkan peladen situs yang lebih baik lagi.
Jika memang ekspetasi program ini berada di luar apa yang dipikirkan pihak Tokopedia, sebaiknya memang harus sudah dipersiapkan sedari dini agar tidak menjadi kekecewaan bagi pengguna.
Semoga saja pihak Tokopedia dapat memperbaiki layanannya dalam promosi serupa lainnya.

BACA JUGA :  Helmy Yahya: Insya Allah TVRI Ganti Logo Maret Ini

Disclaimer :
Opini ini merupakan hasil pemikiran pribadi Muhammad Ferdiansyah dan tidak menggambarkan pendapat Media Formasi secara keseluruhan.


Bagaimana pendapatmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar.

Baca Juga