Menu Tutup

Inilah Kelebihan SSD, Pendongkrak Performa Komputermu!

Hai, MedForians!

Adakah diantara kalian yang merasa komputer kesayangan kalian (baik desktop ataupun laptop) terasa lelet & ingin mempercepatnya? Barangkali tentu ini sudah mengganggu, terlebih di zaman dimana banyak aspek kehidupan dipengaruhi oleh komputasi baik untuk bekerja (tugas sekolah, dokumen, presentasi, dsb) ataupun bersenang-senang (menonton, mendengar lagu, bermain gim, dsb).

pexels-photo-929831

Tentu untuk mempercepatnya ada beberapa cara, biasanya kita mengikuti cara ataupun trik yang tersedia di internet bagi yang tidak bisa atau kurang mampu memperbarui komponennya. Kalaupun upgrade, paling-paling hanya mengganti hard disk ataupun menambah RAM. Tapi hei, tunggu!

Barangkali kalian melupakan penambahan ataupun penggantian ke SSD? SSD (Solid State Drive) adalah salah satu komponen yang harus dimiliki komputer masa kini agar dapat berjalan lebih kencang.

Adapun keuntungan yang didapat dari SSD adalah berikut:

Tidak Membebani Sistem

close up of human hand
Foto oleh Pixabay

Jika dengan hard disk konvensional, prosesor akan bekerja keras sehingga menjadi boros daya, cepat panas, & membuat sistem menjadi terhambat (bottleneck). Tapi tidak dengan SSD, ia hanya berisi sekumpulan memori dalam sebuah papan sirkuit beserta pengontrol, DRAM terpisah, & hal penunjang lainnya sehingga bisa menghasilkan kecepatan yang tinggi (dalam konfigurasi SATA III biasa bisa mencapai lebih dari 500 MB/detik). Alhasil, prosesor menjadi tidak terbebani & mengerjakan apapun jauh lebih cepat bahkan hanya dengan RAM 4 GB saja!

Hemat Energi & Minim Perawatan

cash coins money pattern
Dengan SSD yang hemat energi, penurunan biaya listrik juga akan terjadi. (Foto oleh Pixabay)

Seperti yang dijelaskan diatas, SSD hanya berupa cip memori & hal penunjang lain sehingga lebih hemat energi, jauh apabila dibandingkan dengan hard disk yang bekerja dengan cara menggerakan motor untuk memutar platter (piringan) saat menyala lalu dibaca oleh aktuator. Bunyi dari putaran itu terkadang cukup menganggu sehingga SSD cocok untuk mereka yang ingin bekerja secara tenang.

SSD juga minim perawatan, hanya perlu penggunaan yang baik & teratur. Hard disk perlu energi yang lebih besar, penempatan yang stabil, listrik stabil, & tempat yang cukup sejuk. Jika tidak beruntung salah-salah hard disk kalian bakal mengalami bad sector.

Fleksibel

Keuntungan-SSD

SSD memang hanya berupa memori, karena itu bentuknya bisa beraneka rupa (fleksibel) baik yang 2.5 inci seperti hard disk laptop / eksternal umumnya, M.2 (ukuran pendek, sedang, & panjang), USB, hingga PCIe sampai SSD eksternal yang bahkan bisa seukuran KTP!

SSD sendiri ada yang menggunakan jalur SATA, ada pula yang menggunakan jalur PCIe (NVMe) yang jauh lebih cepat. Teknologi yang dipakai pun berbeda, ada yang 3D NAND sampai V-NAND seperti Samsung.

Karena fleksibilitasnya itu pula, SSD 2.5 inci bisa ditaruh tanpa perlu dibaut di PC kalian selama sambungan kabel SATA daya & data pas / tidak kendur.

Cocok Untuk Sistem

technology computer lines board
Foto oleh Pixabay

Apabila kalian memiliki dana yang mentok untuk mempercepat sistem, SSD berkapasitas 60 ataupun 120-128 GB dirasa cukup untuk membuat komputer kalian berjalan lebih cepat. Kalau penulis sarankan, jangan menyimpan berkas hiburan (musik / gambar / video) ataupun dokumen ke SSD & memanfaatkan HDD untuk mengakses berkas berkecepatan agak lambat itu.

Selain itu, Ada beberapa keuntungan menggunakan SSD sebagai penyimpanan sistem:

  • Karena SSD hanya berupa IC (integrated circuit) yang berisi cip memori, pengontrol, & hal penunjangnya. Sehingga transfer data menjadi jauh lebih cepat (berdasarkan pengujian penulis kira-kira 4.5x lebih cepat daripada hard disk biasa berkecepatan 5400 rpm) serta menjadikan waktu tunggu untuk menyalakan (boot), mematikan, hingga membuka program / aplikasi jadi jauh lebih cepat. Bahkan penulis rasa tanpa penambahan RAM (bawaan laptop hanya 4 GB) sudah kencang untuk aktivitas sehari-hari diluar bermain gim.
  • Karena hanya berupa IC yang memiliki sejumlah komponen tadi, maka tidak ada komponen yang bergerak sehingga daya tahan baterai jauh lebih hemat (ini untuk pengguna laptop), jika kalian pengguna PC desktop maka kalian dapat menghemat daya listrik. Mirip dengan RAM & flash drive yang biasa kalian pakai.
  • Tidak menimbulkan getaran ataupun dengungan karena rotasi hard disk (penulis cukup sering merasakannya karena posisinya tepat diatas biasanya tangan penulis bersandar)
  • Tidak menimbulkan suara (memang, hard disk masa kini biasanya berbunyi cukup atau bahkan sangat pelan). Tetapi bagi yang telinganya sensitif & ingin berkerja di tempat remang-remang yang sepi maka SSD bisa jadi solusi.
  • Bentuk yang macam-macam. Sekali lagi, karena hanya berupa sejumlah komponen maka bentuknya bermacam-macam. Umumnya berbentuk 2.5 inci & M.2, tapi ada juga yang lain seperti mSATA, PCI Express, hingga USB (eksternal SSD sehingga berfungsi seperti hard disk tetapi dengan ukuran lebih kecil serta kecepatan setara flash drive).
  • Banyak produsen yang membuatnya sehingga kalian bebas memilih (berbeda dengan hard disk yang saat ini didominasi oleh kurang dari 10 merek).

Dibalik segala keuntungannya, SSD masih memiliki kelemahan yang kita semua sudah pasti sepakat: MAHAL!

dollar-currency-money-us-dollar-47344.jpeg
Photo by Pixabay on Pexels.com

 

Harga SSD 2.5 inci berkapasitas 250 GB Samsung sendiri seharga Rp. 1.1-1.2 juta. Di harga yang sama, kalian bisa mendapatkan hard disk berkapasitas 2 TB yang bisa digunakan untuk menyimpan film & musik favorit hingga foto idola kalian. Jadi, boleh dibilang harga per-gigabita dari SSD jauh lebih mahal daripada hard disk.

Nah, itu dia tadi manfaat yang diperoleh ketika menggunakan SSD (solid state drive), yang intinya adalah cepat, hemat, & dahsyat. Untuk cara pemasangan bisa berbeda tergantung jenis & tipe komputer yang kalian pakai & akan saya jelaskan pada artikel terpisah.

Apakah kalian tertarik untuk memilikinya? Beritahu di kolom komentar!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×