Menu Tutup

Mengenal Teknologi Pencegah Kecelakaan pada Mobil Jaman Sekarang (Bagian 1)

Hai Medforians!

Kendaraan jaman sekarang kini semakin canggih! Mulai dari mobil yang bisa parkir sendiri hingga kendaraan tanpa awak seperti pesawat tanpa awak.

Kali ini kami akan membahas mengenai sistem pratabrak seperti Automated Emergency Brake dan Land Departure Warning System.

1. Sistem Pratabrakan

Mengacu pada Wikipedia, Sistem pratabrakan ialah sistem keamanan pada mobil yang gunanya dapat mengurangi resiko kecelakaan. Cara kerjanya ada yang menggunakan radar, ada yang menggunakan laser dan ada juga yang menggunakan kamera stereo. Fungsi ketiganya ialah mendeteksi kemungkinan terjadinya tabrakan.

Sistem ini bekerja dengan berbagai cara. Ada yang mengingatkan pengendara untuk menginjak pedal rem (Forward Collision Warning), ada juga yang mengerem secara otomatis (Autonomous Emergency Braking).

Di Malaysia, teknologi ini sudah diterapkan banyak pabrikan mobil, bahkan di mobil nasional Malaysia yang laris, Perodua Myvi D20N. Namun di Indonesia, baru beberapa mobil yang telah menerapkan teknologi ini seperti di Pajero Sport dan Mazda 2 GT. Sementara di Jepang, banyak Kei Car yang telah menerapkan fitur ini. Misalnya Daihatsu Mira Tocot, Suzuki Wagon R dan Honda N Box.

2. Lane Departure Warning System (LDWS)

LDWS ialah sebuah mekanisme peringatan kepada pengendara jika kendaraan keluar dari jalur. Cara kerjanya sama dengan Sistem Pratabrakan, yakni menggunakan sensor kamera dan/atau laser.

Ada beberapa macam sistem peringatan :

1. Sistem akan menampilkan peringatan visual, suara dan/atau getaran jika kendaraan keluar dari jalur.

2. Sistem akan memberikan peringatan saat kendaraan keluar dari jalur, namun jika tidak ada respons, maka kendaraan secara otomatis akan mengembalikan posisinya kedalam jalur. Sistem ini disebut sebagai Lane Keep Assist.

Lantas, apakah kedua teknologi ini akan berguna di Indonesia. Silahkan komentar dibawah

 

Artikel ini merupakan kolaborasi antara Media Formasi dan DRIVE Indonesia.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×