Inilah Beberapa Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Di Chrome Terbaru!

Teknologi 8 Sep 2018

Hai MedForians!

Bertepatan dengan 10 tahun perjalanannya pada 2 September 2018 lalu, peramban web (browser) kesayangan kita semua, Google Chrome yang dikenal karena kecepatannya meluncurkan desain baru pada versi 69-nya yang lebih segar & serba melengkung juga ikon serta warna baru.

Perubahan desain ini sejatinya dirancang untuk perangkat mobile (terutama ponsel pintar). Adapun beberapa perubahan yang hadir pada versi baru Chrome 69 adalah:

  • Penampilan Beranda Yang Baru

Bicara soal browser & tampilan baru, maka tak bisa lepas dari yang namanya beranda, dong (kecuali yang berandanya sudah diatur ke situs web tertentu)…

Nah, pada penampilan baru kali ini, tampilan beranda hanya berwarna putih polos dengan bar pencarian yang berbentuk oval, serta shortcut yang kini bisa dikustomisasi. Bukan lagi situs web yang sering/baru saja dibuka. Tetap dengan akses ke akun serta produk Google di pojok atasnya.

Atau jika kalian suka yang menarik, bisa dikustom dengan gambar yang kita suka dengan mengeklik ikon gir di pojok bawah dengan mengunggah gambar ataupun background yang telah tersedia.

  • Desain Tab Radikal

crtab

Ya, selama sedekade terakhir, kita mengenal Chrome dengan tab yang berbentuk trapesium sedikit melengkung. Nah, di versi baru ini Google merombaknya menjadi bertepi vertikal dengan sudut melengkung sehingga kita bisa mengenali situs web ketika kalian membuka tab yang banyak.

Adapun tab yang non-aktif/yang sedang tidak kita buka sekarang dipisah garis pembatas serta ikon suara berwarna abu-abu (jika membuka web dengan audio/video). Dan tab yang non-aktif itu ketika kita sorot dengan tetikus akan berubah menjadi fluent kalau menurut penulis.

  • Omnibox Baru Yang Oval & Interaktif

omnibox

Kita juga selama ini mengenal omnibox (kolom alamat web sekaligus pencarian) Chrome berupa persegi panjang dengan lengkungan. Nah, kini omnibox-nya menjadi oval & lebih interaktif. Adapun kita bisa menanyakan apapun ke “mbah” Google tanpa harus membuka webnya terlebih dahulu. Seperti umur sosok terkenal, cuaca di kota tertentu, kalkulator, hingga skor bola. Google menyebutnya sebagai rich result.

  • Pengelolaan Kata Sandi Yang Lebih Canggih

suggested

Keamanan jadi salah satu faktor penting dalam mengakses situs web. Nah, di versi baru Chrome ini ketika kita mendaftar/membuat akun di situs tertentu, Google akan menawarkan kata sandi yang rumit & bisa disimpan serta disinkronisasi agar anda tak perlu kata sandi semacam “123abcank3lmuht0” lagi.

Perubahan Lain:

noinet

  • Pada bulan September kali ini, Google memberi semacam easter egg. Yaitu ketika tak ada koneksi internet, si dinosaurus kesukaan kita semua akan memakan kue ulang tahun sebelum melewati kaktus yang menandakan umur Chrome ke-10.
  • Di iOS, tab ditampilkan dengan thumbnail, bukannya panel lebar saat anda beralih satu sama lain.

Jadi, bagaimana penampilan baru Google Chrome ini menurut kalian? Beritahu di komentar ya! 🙂

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.