Menu Tutup

Black Shark Helo, Smartphone Gaming Terbaru dari Xiaomi

Hai MedForians!

Beberapa hari yang lalu, Xiaomi telah meluncurkan smartphone khusus gaming terbaru mereka, yaitu Black Shark 2, atau dengan nama resmi Black Shark Helo!

Apa itu Black Shark?

Dikutip dari GSM Arena, Trusted Reviews, Dignited, dan Android Authority, Black Shark adalah nama untuk seri smartphone yang berfokus pada pengalaman bermain atau gaming, baik secara casual hingga professional. Ciri khas terhadap seri smartphone ini adalah kapasitas RAM yang besar, performa tinggi, namun masih tergolong cukup murah.

Pada awalnya, Xiaomi merilis smartphone gaming Black Shark pada bulan April 2018. Setelah beberapa bulan, perusahaan tersebut memutuskan untuk mengembangkan dan merilis penerus dari smartphone yang cukup sukses tersebut, yaitu Black Shark 2, atau yang sekarang lebih dikenal sebagai Black Shark Helo.

Penerus Black Shark

Sebagai penerus dari smartphone Black Shark yang dirilis April lalu, Black Shark Helo memiliki beberapa pembaharuan yang muktahir. Salah satu yang paling menonjol adalah peningkatan memori internal, kapasitas RAM, performa processor, hingga layar dengan teknologi AMOLED.

Smartphone ini juga menjunjung tinggi nilai estetika. Hal ini bisa dilihat dari desain belakang yang sporty serta bercahaya. Desain smartphone secara keseluruhan juga sangat memperlihatkan fokusnya terhadap dunia gaming.

Spesifikasi

Spesifikasi utama yang dimiliki smartphone ini adalah otak processor Qualcomm Snapdragon 845 yang memiliki sistem pendinginannya sendiri. Sistem pendinginan yang digunakan adalah vapor chamber cooling. Metode ini akan melakukan pendinginan yang lebih efektif pada ruangan yang sempit dan kecil, seperti pada laptop dan smartphone.

Layar yang dimiliki smartphone ini adalah layar AMOLED dengan resolusi 1080 x 2160, dengan panjang diagonal 6.01 inci (~15.26 cm). Smartphone ini juga tidak memiliki notch pada bagian atas layarnya. Namun, tingkatan refresh rate layar smartphone ini masih berada pada kisaran 60 Hz.

BACA JUGA :  Tampil Beda, Realme C11 Resmi Dirilis di Indonesia

Kapasitas RAM yang disediakan adalah 6, 8, dan 10 GB. Kapasitas RAM yang besar tersebut membuat Black Shark Helo memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi pengguna yang ingin menjalankan game berat tanpa adanya lag. Memori internal yang disediakan adalah 128 GB untuk seluruh tipe Black Shark Helo kecuali tipe 10 GB. Untuk yang versi 10 GB maka akan disediakan memori internal sebesar 256 GB.

Walaupun dijuluki sebagai smartphone gamer, Black Shark Helo juga memiliki kualitas kamera yang tidak kalah bagus dengan produk lainnya. Kamera belakang smartphone ini dibekali dengan dual camera dengan kualitas 20 dan 12 megapixel pada masing-masing kamera. Kamera depan dibekali dengan 1 kamera 20 megapixel yang memiliki bukaan f/2.2. Untuk bagian belakang, kamera tersebut memiliki bukaan f/1.75.

Black Shark Helo akan memiliki baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Smartphone ini juga memiliki dukungan untuk pengisian daya cepat dengan standar Quick Charge 3.0. Sistem operasi yang dimiliki kemungkinan adalah Android versi Oreo yang dilapisi dengan MIUI 10.

BACA JUGA :  Berusia 3 Bulan, Provider Internet Gratis Freenternet Tutup Usaha

Layaknya sebuah smartphone gaming, Black Shark Helo akan di-bundling 1 buah konsol langsung dari Xiaomi. Namun, untuk versi yang 10 GB, maka Xiaomi akan memberikan 2 buah konsol.

Selain fitur-fitur perangkat keras, Xiaomi juga memberikan beberapa aplikasi bawaan terhadap Black Shark Helo. Aplikasi ini adalah Gamer Studio. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat mengatur CPU, layar atau display, jaringan, dan aspek lainnya untuk menyediakan pengalaman maksimal dalam bermain game.

Xiaomi tidak akan menyediakan slot untuk microSD maupun headphone jack 3.5 mm pada Black Shark Helo.

Tipe dan Harga

Untuk pematokan harga, Xiaomi mulai memasang harga sebesar ¥3.199 untuk versi 6 GB (Rp.6.983.896, kurs 26/10/18 pukul 02:41 WIB). Kemudian, untuk versi 8 GB mulai dipatok harga dari ¥3.499 (Rp.7.638.841 kurs 26/10/18 pukul 02:41 WIB). Untuk versi 10 GB, belum diketahui harga pasti yang ditentukan.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian para gamers ingin memiliki smartphone ini? Mari beri tanggapan kalian!

Kembali ke Atas

BACA JUGA

×