Menu Tutup

Cara Unduh Siaran Langsung Instagram Yang Sudah Terlewat

Hai MedForians!

Instagram adalah satu platform media sosial berbagi foto & video yang populer di kalangan anak muda. Kita bisa berbagi apapun disana, baik sekedar hobi/kesukaan, berbagi kabar/berita terbaru, hingga berjualan secara daring. Salah satu fitur yang ada disana adalah siaran langsung (live).

Tapi, pernahkah kalian terpikir bagaimana cara mengunduhnya baik kalian yang ingin menyimpannya ataupun belum sempat menontonnya? Baiklah, penulis punya cara bagaimana mengunduhnya asalkan siaran langsung itu tidak melebihi 24 jam setelah diterbitkan dari pemilik akun.

  • Buka peramban Chrome pada PC kalian (jika tak punya, kalian bisa mengunduhnya)
  • Selanjutnya, kalian unduh ekstensi “Chrome IG Story“, selain untuk menyimpan cerita (stories) dari akun kesukaan kalian, juga bisa untuk menyimpan siaran langsung yang telah terlewat dari akun yang kalian inginkan.

iglive1

  • Jika sudah, kalian bisa membuka ekstensinya & mengharuskan login ke Instagram untuk yang pertama kali.
  • Selanjutnya, kalian tinggal pilih akun kesukaanmu (entah idola, situs berita, teknologi, stalk teman/orang yang kalian tertarik, dan sebagainya). Dalam kasus siaran langsung ini, berada di posisi atas.

iglive2

 

  • Klik ikon unduh yang ada di bagian kanan.
  • Jika diklik, maka ada sejenis pemberitahuan yang muncul bahwa untuk siaran langsung, berkas audio & video terpisah. Lengkap dengan sisa waktu berakhir untuk menonton/menyimpan siaran langsungnya.
  • Selanjutnya kalian tinggal klik “Open Audio URL” & “Open Video URL“, maka kalian akan diarahkan ke audio/video yang dimaksud (jika kalian tidak menggunakan aplikasi pengunduh seperti Internet Download Manager, jika iya maka secara otomatis terunduh).

Setelah terunduh, kita mendapatkan 2 file: audio dengan format MP4 serta video tanpa audio. Untuk menggabungkannya, terlebih dahulu kita ubah format audionya menjadi MP3 dengan cara berikut:

  • Buka situs ini.
  • Klik “Open files” lalu pilih file audio MP4-nya. Setelah itu pilih kualitas audio (penulis sarankan kualitas terbaik, tapi akan memakan data lebih banyak). Jika sudah terunggah, klik “Convert” & jika selesai klik “Download”.

Setelah mengubah format audionya, sekarang tinggal kita menggabungkan file audio & video tersebut dengan menggunakan aplikasi video editor yang kalian miliki ataupun dengan menggunakan konverter dari pihak ketiga (entah melalui aplikasi ataupun situs web). Berikut cara dari penulis:

  • Buka situs ini.
  • Pilih video hasil unduh siaran langsung tadi (maksimal 500 MB, umumnya tidak lebih besar dari itu) & audio siaran langsung hasil convert (maksimal 100 MB).

iglive7

  • Klik “Upload”, tunggu beberapa saat tergantung dari koneksi internet yang kalian gunakan. Jika sudah, tekan “Download”. Dan voila!

Selamat menikmati video siaran langsung Instagram yang kalian inginkan secara offline & dapat ditonton setiap saat!

Bagaimana menurut kalian? Apakah tip ini bermanfaat? Beritahu di komentar! 🙂

 

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×