Menu Tutup

Punya Projek TV-TV an? Cobalah mengedit video di KineMaster

Hai MedForians!

Sebelum ini, kami telah mencoba membuat tutorial yang sama untuk VLC Media Player, kali ini kami akan mencoba mengaplikasikan overlay tersebut kedalam projek di KineMaster. Cara ini sejatinya mirip mirip kalau kalian membuat projek TV-TV an di Premiere atau After Effect di Komputer.

Simak langkah langkah berikut ini

1. Siapkan bahan

Bahan yang diperlukan dalam tutorial ini ialah video yang mau kalian tambahkan overlay. Boleh menggunakan video Anime atau boleh video clip dari artis kesukaan kalian. Jangan lupa untuk membuat overlay menggunakan Photo Editor atau menggunakan Powerpoint di Komputer. Kalian juga boleh menambahkan video iklan TV agar lebih terkesan seperti menonton channel TV buatanmu sendiri.

2. Buat projek baru di KineMaster

Buka Kinemaster, pilih tombol merah yang ada tanda”+” lalu pilih Empty Project. Impor video yang ingin dipakai dengan cara pilih media browser lalu pilih album tempat kalian menyimpan video tersebut dan pilih video tersebut, selanjutnya edit video itu sebebas mungkin

3. Menambahkan Overlay

Menambahkan overlay pada video di KineMaster sangatlah mudah, pilih menu layer lalu pilih Media, kemudian pilih album tempat dimana gambar overlay yang telah kalian buat disimpan dan pilih gambar overlay yang ingin kalian masukkan di video, atur posisi dan ukuran overlay serta atur waktu munculnya overlay dengan mengutak atik timeline.

BACA JUGA :  Oppo Siapkan Reno, Sub-Brand Ponsel Terbaru Mereka

4. Ekspor dan Voila

Jika menurut kalian hasil editanmu udah pas untuk di ekspor, kalian bisa langsung mengekspornya ke galeri, kemudian tayangkan ke layar TV (untuk mendapatkan pengalaman yang lebih) dengan cara menghubungkan komputer ke PC (atau jika TV kalian mendukung miracast, gunakan fitur Screen Cast) dan putar video hasil editan kalian.

Berikut ini ialah hasil kerja kami saat mencoba membuat overlay untuk KineMaster

5. Catatan

  1. Usahakan overlay yang kalian buat di Photo Editor adalah gambar berformat PNG dengan warna latar transparan
  2. Jika ingin mengunggah hasil editan kalian ke YouTube, perlu diketahui bahwa video kalian bisa terkena copyright karena ada beberapa konten yang mungkin jika kalian unggah lagi ke YouTube bakal terkena copyright sehingga video unggahan kalian ada yang tidak bisa diunduh secara offline (kecuali kalau diunduh menggunakan Videoder atau Youtube downloader) bahkan video kalian tdak bisa diputar di beberapa negara.
BACA JUGA :  Rilis 18 Maret, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasi Redmi 7

Mungkin segitu saja tutorial dari kami. Mohon maaf jika ada salah kata dan jika kalian masih belum paham, mungkin kami akan membuat tutorial ini di Youtube. Jika ada tutorial yang bagi kami menarik untuk kami coba, silahkan komentar ya.

Baca Juga Artikel Ini!