Menu Tutup

Produk-produk Doujinshi SSSS.GRIDMAN Ditarik dari Toko Melonbooks

Hai, MedForians!

Diumumkan tepat pada hari Natal (25/12), situs resmi Melonbooks, toko yang menjual berbagai macam produk-produk doujinshi di Jepang, mengumumkan bahwa mereka tidak akan menjual karya-karya doujin yang berhubungan dengan anime SSSS.Gridman lagi di tokonya. Selain itu, toko ini juga akan menarik kembali berbagai doujin Gridman yang sebelumnya telah dijual. Melalui pernyataan resminya, hal ini terpaksa dilakukan untuk memenuhi permintaan dari pihak pemegang hak ciptanya, yaitu Tsuburaya Productions.

Kontroversi seputar penjualan doujin dari anime ini sudah ada sejak November lalu. Salah seorang fan-artist yang cukup populer di Twitter Jepang bernama Pija, mengaku dirinya ditegur langsung oleh pihak Tsuburaya untuk segera menarik doujin SSSS.Gridman yang ia rilis melalui situs Pixiv Fanbox dan Fantia. Kedua situs tersebut memiliki fitur di mana fans dapat mendukung sang kreator dengan memberikan sejumlah uang per bulan dan berkesempatan mendapatkan bonus eksklusif langsung dari sang kreator.

BACA JUGA :  Anime Orisinal ID:Invaded Rilis PV Perdana, Tayang 2020

Setelah berita ini menjadi ramai di media sosial, pihak Tsuburaya akhirnya memperbolehkan para fan-artist untuk membuat dan menjual doujin buatannya dengan sejumlah syarat. Beberapa di antaranya yaitu tidak boleh menjiplak, menyalin atau “meniru” (seperti tracing) berbagai aset yang digunakan di dalam animenya (seperti gambar, video, musik, dan naskah cerita) dan melanggar ketertiban umum dan hak-hak individu lainnya. Untuk karya derivatif seperti doujinshi, karya-karya tersebut tidak boleh lebih dari sekedar “aktifitas penggemar”. Ini adalah Satu hal yang cukup krusial (namun samar) dari pengumuman yang dibuat pihak Tsuburaya.

Sampai saat ini masih belum ada keterangan pasti dari pihak Melonbooks ataupun Tsuburaya mengenai penarikan produk-produk doujin ini, namun ada yang berspekulasi kalau penarikan produk doujin Gridman yang dijual di Melonbooks ada kaitannya tentang poin pembatasan “aktivitas penggemar” yang disinggung dalam pengumuman tersebut.

BACA JUGA :  Manga EX-ARM Diadaptasi Jadi Anime, Tayang 2020

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×