Mantan Gubernur BI Diangkat Jadi Komisaris Utama Tokopedia

Teknologi 11 Jan 2019

Hai, MedForians!
Berita terbaru hadir dari salah satu raksasa e-Commerce sekaligus start-up di Indonesia, Tokopedia. Kali ini, Tokopedia merekrut salah satu tokoh berpengaruh di bidang ekonomi dan keuangan, yakni mantan Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.

Mantan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo kini resmi menjadi Komisaris Utama di Tokopedia. Dilansir dari KompasTekno, Kamis (10/1), CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengungkapkan alasana pemilihan Agus Martowardojo sebagai petinggi tersebut dikarenakan Agus memiliki pengalaman yang sejalan dengan Tokopedia. Sebelum menjadi Gubernur BI, Agus diketahui pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan (2010-2013) di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan menjabat sebagai Dirut Bank Mandiri (2005-2010).

“Pengalaman dan kearifan Pak Agus Martowardojo akan sangat berharga dalam membina para pemimpin dan institusi Tokopedia untuk menjadi perusahaan teknologi kelas dunia,” ungkap William.

“Kehadiran Pak Agus akan memperkuat momentum kinerja perusahaan yang tengah memasuki tahun ke-10, mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital,” lanjutnya.

Sementara itu, Agus menyatakan bahwa Tokopedia konsisten dalam memberdayakan masyarakat melalui teknologi. Hal ini berpengaruh pada perekonomian Indonesia yang dapat terus tumbuh.

“Saya melihat Tokopedia sangat konsisten memberdayakan masyarakat melalui teknologi sehingga ekonomi Indonesia dapat terus tumbuh secara kuat, seimbang, dan berkesinambungan,” ungkap Agus.

Tokopedia saat ini menjadi salah satu start-up asal Indonesia yang meraih predikat unicorn, alias valuasinya melebihi 1 millar dollar AS. Apalagi, pada akhir tahun lalu, marketplace online itu baru saja mendapat kucuran dana segar dengan angka total 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp 16 triliun.

Pendanaan ini dipimpin SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group dengan partisipasi Softbank Ventures Korea, serta investor-investor Tokopedia sebelumnya. Dengan masuknya pendanaan baru tersebut, angka valuasi Tokopedia ditaksir bisa mencapai sekitar 7 miliar dollar AS atau setara Rp 102 triliun.

Sumber: KompasTekno

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.