Menu Tutup

Pengguna Domain di Seluruh Dunia Tembus Angka 348 Juta

Pengguna Domain di Seluruh Dunia Tembus Angka 348 Juta

Hai MedForians!

Internet merupakan salah satu media informasi yang bisa dikatakan sangatlah pesat berkembangannya. Tidak menutup kemungkinan bahwa semakin banyak situs-situs yang meningkat tahun-ketahun.

Melonjak Cukup Pesat

Berhubung perkembangan internet yang sangat cepat, sepertinya sistem pendukungnya, yaitu domain, khususnya top-level domains (TLD) yang berkembang pesat kali ini.

Nama domain internet tercatat sejauh ini mengalami pertumbuhan yang bisa dibilang cukup pesat. Terhitung di Kuartal IV 2018, ada sekitar 348,7 juta pendaftaran nama domain di seluruh top-level domains (TLD).

VeriSign mengungkapkan bahwa, pertumbuhan tersebut telihat dari kenaikan kurang lebih 6,3 juta pendaftaran nama domain. Angka tersebut meningkat 1,8% jika dibandingkan dengan kuartal ketiga 2018.

Perlu diketahui, VeriSign adalah lembaga yang menyediakan layanan pendaftaran nama domain dan infrastruktur internet global.

Jumlah penggunaan domain internet saat ini (Sumber: Detik/Istimewa)

“Jumlah pendaftaran nama domain .com dan .net baru-baru ini melonjak cukup tinggi sekitar 9,5 juta pada akhir kuartal 2018 dibandingkan 9 juta pendaftaran nama domain pada kuartal keempat tahun 2017,” ungkap VeriSign pada saat siaran pers.

Adapun pada kesempatan kali ini, VeriSign menerbitkan ringkasan Industri Nama Domain. Ringkasan tersebut menyediakan data dalam bentuk statistik dan analitik. Dalam data tersebut, terdapat berbagai informasi mengenai industri nama domain untuk pengguna internet di seluruh dunia. Ringkasan Industri Nama Domain kuartal keempat 2018 dan kuartal sebelumnya juga tersedia dan dapat diperoleh di situs resminya.

Apa itu Domain?

Domain adalah salah satu hal yang terpenting dalam dunia internet. Domain atau nama domain dapat diibaratkan sebagai alamat digital. Dengan memiliki domain, maka suatu website dapat diketahui lokasinya dan diakses dengan mudah.

Pada umumnya domain diletakkan dibelakang nama website. Contohnya adalah (macebook.com atau mediaformasi.com), dengan nama website (facebook atau mediaformasi) di depan, diikuti oleh domain (.com).

Domain ini memiliki berbagai macam nama, ada dari com, net, web.id, tv, dan lain-lain. Setiap domain nantinya memiliki harga yang berbeda-beda apabila kita ingin menggunakannya.

Untuk melakukan registrasi, maka ada organisasi yang mengurus semua ini, yaitu Internet Corporation for Assigned Names and Numbers atau ICANN.

Bagaimana MedForians? Apakah kalian merupakan salah satu pelanggan Domain Name Server? Yuk jangan lupa berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×