Menu Tutup

Terungkap! Studio Madhouse Eksploitasi Staf & Karyawan

Sisi Gelap Studio Madhouse Terungkap

Hai, MedForians!

Berita buruk kembali menerpa industri anime. Kali ini, berita tak sedap tersebut menimpa Studio Madhouse.

Madhouse, sebuah perusahaan studio animasi yang sudah terkenal dengan serial anime yang dikeluarkannya seperti Parasyte, One Punch Man, Summer Wars, dan lain sebagainya, kini dicurigai sebagai Black Kigyou atau Perusahaan Hitam, karena dianggap mengeksploitasi staf dan karyawannya.

Hal ini dikutip dari sebuah majalah Jepang, POSSE. Madhouse dinilai mempekerjakan karyawannya dengan waktu yang tidak wajar dalam jangka panjang yang mencapai 200 jam dalam sebulan. Apalagi, waktu lembur yang berlebihan tersebut tidak dibayar oleh perusahaan.

Menurut narasumber berinisial A yang menjadi staf produksi dari Madhouse, ia dipaksa bekerja hingga tengah malam bahkan pagi hari dan bekerja saat liburan hingga ia tumbang karena kecapekan. Akibatnya, ia dilarikan ke rumah sakit.

BACA JUGA :  Kreator Lupin III, "Monkey Punch" Meninggal Dunia

Berbagai cuitan lain mengkritisi hal ini. Banyak yang mengatakan bahwa hal itu sudah biasa ada di studio anime lainnya. Namun, banyak juga yang menyayangkan hal tersebut karena tidak berperikemanusiaan.

Madhouse Co., Ltd berlokasikan di Honcho, Nakano, Tokyo. Beberapa penduduk di sekitar perusahaan tersebut menjuluki Madhouse sebagai ‘The Night Castle’ dikarenakan listrik di dalamnya tetap menyala hingga tengah malam.

Salah satu warga yang tinggal di apartemen di sebelah perusahaan Madhouse mengaku bahwa banyak orang yang sering berlalu-lalang pergi ke supermarket yang ada di dekat perusahaan tersebut. Orang-orang itu terlihat muda, namun mereka juga terlihat kelelahan. Di saat pagi hari, ia juga masih melihat mereka masih bekerja di Madhouse.

BACA JUGA :  Musim Kedua Anime One Punch Man Dapatkan Adaptasi OVA

Madhouse merupakan perusahaan studio animasi yang sudah mempunyai banyak penggemar tidak hanya di Jepang, namun di hampir seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, anime-anime besutan studio ini sudah pastinya sangat dinanti-nantikan.

Bagaimana pendapatmu setelah mengetahui sisi gelap perusahaan ini?

Sumber: Duniaku.net

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

Loading...
×
.entry-content > img[data-lazy-type=image]