Menu Tutup

2020, Facebook akan Rilis GlobalCoin, Pesaing Baru Bitcoin

Hai, MedForians!

Sepertinya Facebook akan merambah ke dunia uang digital!

Siap Rilis Tahun Depan

Facebook dikabarkan sudah dalam tahap akhir persiapan untuk merilis mata uang digitalnya pada kuartal pertama tahun depan.

Dilansir dari BBC News, The Verge, dan The Guardian, perusahaan media sosial ini juga akan membentuk sistem pembayaran digital di beberapa negara pada awal tahun 2020.

Sebelum perilisan resmi, pihak Facebook akan melakukan serangkaian sesi percobaan atau testing pada akhir tahun ini.

Cryptocurrency ini dalam tim internal disebut sebagai GlobalCoin.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg sebelumnya sudah bertemu dengan gubernur Bank of England Mark Carney. Mereka bertemu untuk membahas kesempatan dan resiko yang berkaitan dalam perilisan mata uang digital.

Nantinya, perusahaan media sosial ini diperkirakan akan membeberkan rancangan serta detail lebih lanjut pada pertengahan tahun ini.

Sebagai persiapan, Facebook juga telah meminta saran untuk masalah operasional dan aturan dari pihak departemen perbendaharaan Amerika Serikat.

BACA JUGA :  Ikuti Tren, Sistem Pembayaran Facebook Resmi Diluncurkan

Aman dan Mudah Dijangkau

Rencana perilisan uang digital ini masuk kedalam proyek yang bernama Project Libra.

Pertama kali diketahui pada bulan Desember 2018, proyek ini bertujuan untuk menggabungkan kekuatan perbankan yang ingin mengubah mata uang suatu negara menjadi “koin digital”.

Secara keseluruhan, Facebook memiliki keinginan dan tujuan untuk membuat mata uang digital yang memberikan akses mudah ke siapa saja dan juga aman digunakan dalam pembayaran, bahkan untuk pengguna yang tidak memiliki akun bank.

Apa itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency, virtual currency, atau dalam bahasa Indonesia sebagai mata uang digital atau mata uang virtual, adalah mata uang non-fisik yang dapat digunakan untuk transaksi dalam kehidupan sehari-hari, seperti membeli rumah, mobil, dan lain-lain.

Cryptocurrency berjalan dalam fondasi teknologi blockchain. Hal ini memungkinkan transaksi dalam dijalankan tanpa ada pihak terpusat. Hal ini terjadi dengan memanfaatkan berbagai komputer yang tergabung dalam jaringan cryptocurrency.

Sistem ini berguna untuk memaksimalkan keamanan dan anonimitas pengguna.

BACA JUGA :  Facebook Larang Pembuat Konten Mobile Legends Menghadiri Turnamen M1

Apakah Facebook, yang dalam beberapa waktu ini memiliki rekam jejak “meragukan” dalam dunia privasi, mampu menjamin kerahasiaan pengguna mereka dalam mata uang digital ini?

Bagaimana, MedForians? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×