Menu Tutup

Ar-Rihlah, Sebuah Proyek Kolaborasi Toei dan Perusahaan Media Saudi

Hai, MedForians!

Dalam festival film Cannes, Minggu (19/5), Toei Animation dan perusahaan media asal Arab Saudi, Manga Productions mengumumkan judul, visual, dan orang di balik layar yang mengerjakan proyek animasi hasil kolaborasi keduanya.

Film animasi ini akan berjudul Ar-Rihlah yang berarti Perjalanan (The Journey). Selain poster visual, saluran YouTube milik Manga Productions telah mengunggah sebuah video teaser dari proyek animasi ini.

Teaser dari film Ar-Rihlah

Kobun Shizuno yang merupakan sutradara film Detective Conan akan jadi sutradara proyek ini, dan Atsuhiro Tomioka akan membuat jalan ceritanya. Tatsurō Iwamoto akan mendesain karakter animasi ini, dan Kaoru Wada akan membuat musik latarnya.

Animasi Ar-Rihlah sendiri dikerjakan di Jepang dan Arab Saudi. Manga Productions, perusahaan media yang berbasis di Riyadh juga memiliki kantor cabang di Tokyo.

Nantinya, film ini akan didistribusikan oleh Manga Productions ke seluruh dunia. Untuk pendanaan semuanya ditanggung oleh perusahaan ini.

Poster visual dari film animasi “Ar-Rihlah”

Bukan proyek kerjasama perdana

Dikutip dari AnimeNewsNetwork, Manga Productions merupakan sebuah perusahaan media yang berada di bawah naungan MISK Foundation milik pangeran Muhammad bin Salman al Saud.

Ini bukan kali pertama Manga Productions bekerjasama dengan Toei Animation. Animasi berjudul “Kanzul Hithab” atau “Kikori no Takara” sempat dibuat pada 2017 lalu sebagai proyek animasi berdurasi 25 menit.

Versi animasi berbahasa Arab ditayangkan di Arab Saudi, sedangkan animasi berbahasa Jepang ditayangkan di Jepang.

Ceritanya diangkat dari kearifan lokal masyarakat Arab. Kamu dapat menonton trailer animasi tersebut dalam 2 bahasa, Arab dan Jepang melalui video YouTube berikut.

Video trailer Kanzul Hithab (Kikori no Takara) dalam bahasa Arab
Video trailer Kanzul Hithab (Kikori no Takara) dalam bahasa Jepang

Juga membuat permainan video

Selain animasi 2 dimensi, Manga Productions juga memproduksi permainan video 3 dimensi bersama SNK Corporation, yang juga dari Jepang.

Mereka membuat sebuah permainan video yang berjudul “King of Fighters XIV”. Permainan ini dirilis untuk pengguna PlayStation 4 dan PC melalui Steam.

Manga Productions mendesain karakter bernama “Najd” dan juga latar permainan “Riyadh Stage”. Najd dan Riyadh Stage merupakan pemenang dari kontes desain yang dibuat oleh Manga Productions.

Mashael Al-Barrak dari Arab Saudi menjadi orang di balik desain Najd, dan Zainab Al-Lawaty dari Oman mendesain Riyadh Stage. Najd akan menjadi karakter DLC dalam permainan ini.

Video iklan “King of Fighters XIV” menampilkan Najd dan Riyadh Stage.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×