Menu Tutup

Fans MNL48 Geram Pasca “Graduation Massal”

Hai, MedForians!

Sosenkyo, acara tahunan MNL48 yang merupakan tradisi keluarga 48 telah selesai dilaksanakan pada 27 April lalu. Berbeda dari sistem sosenkyo kebanyakan, setiap member dari beberapa generasi harus memperebutkan 48 kursi dalam grup yang berbasis di Manila, Filipina ini. Artinya, siapa yang tidak mendapat posisi tersebut otomatis akan “wisuda”.

Sistem ini mengadopsi kurang lebih layaknya Academy di JKT48 sebelum peraturan ‘yang tidak berkembang’ itu dihapus. Namun, MNL48 lebih menekankan siapa yang tidak populer maka akan ditendang paksa dari grup.

Ada 16 member yang terpaksa “lulus” akibat gagal masuk dalam posisi 48 besar. Mereka adalah Team MII: Cassey, Nice, Essel, Necca, Erica, Sha; Team NIV: Ella, Hazel, Madie; Team L: Gia, Jewel, Princess; Kenkyuusei: Vira Mela Yna Karla; Calon Gen2: Colee, Gail, Alex, Sandra, Nile, Isylle, Frances, Jean, Ara, Ish, Naomi, Sun, dan Trish.

Untuk kandidat generasi dua karena statusnya belum anggota mereka tidak mengikuti pertunjukan kelulusan. ‘MNL48 Graduation Mini Live’ telah berlangsung pada 1 Mei 2019 di Movie Stars Cafe ABS-CBN.

Liputan konser mini kelulusan yang “terpaksa”

Tentu saja ini membuat para fans geram dengan keputusan yang diambil manajemen. Mereka ramai-ramai menyerang cuitan resmi mengenai konser mini kelulusan. Mereka menganggap manajemen seolah-olah hanya mementingkan egonya dari pada hati para anggota ‘underrated’.

Ini juga bertentangan dengan kaidah 48 Group yaitu ‘tumbuh dan berkembang bersama penggemar’, tetapi lebih mirip ‘survival idol‘ atau bahkan ‘battle royale‘. Kiriman tentang informasi pertunjukan kelulusan ini dikecam oleh para penggemar. Mereka berusaha membuat petisi dan gerakan untuk menentang sistem yang dianut MNL48.

Pasca Graduation massal tersebut, banyak rumor mengatakan bahwa jumlah voting MNL48 2nd General Election tidak diumumkan, karena permintaan pusat. Tak hanya itu, dikabarkan bahwa beberapa staff, termasuk pelatih mengundurkan diri dari tim manajemen.

Masih ada kesempatan kedua

Bagi member yang tereliminasi, manajemen memberikan kesempatan kedua. Hallo Hallo Entertainment akan memberikan kesempatan member yang tereliminasi untuk melanjutkan perjalanan di MNL48 dengan “TGC Senbatsu”. TGC Senbatsu ini merupakan hasil kerjasama manajemen MNL48 dengan TGC.

MNL48

Untuk member yang tereliminasi akan mendapat kesempatan untuk kembali menjadi anggota MNL48 Kenkyuusei. Jika terpilih, nantinya akan menjadi model untuk Tokyo Girls Collection. Selain itu, mereka juga terbang ke Jepang untuk pekerjaan mereka sebagai model. Member senbatsu juga statusnya akan kembali menjadi anggota tetap MNL48.

Sumber: Overseas48, Stage 48

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×