Menu Tutup

Google Akan Hapus Internet History dan Location Secara Otomatis

Hai, MedForians!

Berita berikut ini mengenai Google yang akan menghapus Internet History dan Location secara otomatis.

Dilansir dari Kompas Tekno, Senin (6/5), Google berencana menghadirkan fitur untuk menghapus Internet History dan Location secara otomatis demi memberikan kontrol data pribadi dan privasi pengguna Google.

Saat ini, fitur menghapus Internet History dan location sudah tersedia, namun pengguna harus menghapus secara manual dan satu per satu.

Setelah fitur baru diluncurkan, pengguna dapat menentukan waktu Internet History dan Location dihapus secara otomatis.

Untuk melakukannya, bakal tiga opsi tambahan di menu pengaturan “Activity controls” yang ada di halaman Google, sebagaimana yang redaksi tampilkan ke dalam thumbnail.

Tampak dari thumbnail gambar di tengah dan yang paling kanan, nantinya pengguna bisa mengklik tombol “Choose to delete automatically” untuk memanfaatkan fitur penghapusan secara otomatis.

BACA JUGA :  Xiaomi Indonesia Konfirmasi Bawakan Redmi Note 8 Reguler & Pro

Setelah itu, ada tiga opsi yang pengguna bisa pilih, yaitu menghapus riwayat secara manual, menghapus riwayat secara otomatis setelah 18 bulan, dan yang terakhir menghapus riwayat secara otomatis setelah 3 bulan tersimpan di Google. Sebelumnya, tiga opsi ini tidak tersedia di pengaturan “Web & App Activity” dan “Location History”, sebagaimana tampak dari gambar paling kiri.

Meski telah diberitahukan fungsi fitur baru ini, belum ada kepastian kapan fitur baru ini diluncurkan ke pengguna Google secara resmi. Google hanya mengatakan upgrade ini akan hadir dalam beberapa minggu mendatang.

Saat ini, hanya Location History dan Activity History web dan aplikasi yang akan mendapatkan fitur penghapusan otomatis.

BACA JUGA :  Intel Luncurkan Prosesor Xeon W dan X-Series

Belum diketahui secara pasti kapan pengguna mendapatkan fitur penghapusan otomatis ini di beberapa layanan Google lainnya, seperti aktivitas streaming di YouTube dan histori perintah suara yang terekam di Google Assistant.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×