Menu Tutup

Persamaan dan Perbedaan Desain Antara NRK, TV3, dan Trans 7

Hai, MedForians!

Intro, merupakan salah satu pembeda acara dari tiap stasiun televisi. Salah satu acara yang menggunakan intro ini adalah program berita.

Namun, adakalanya sebuah intro memiliki kemiripan dari segi musik tema hingga desain.

Intro biasa disebut sebagai OBB, atau ident. Biasanya intro berita terdiri atas bola dunia, cuplikan berita dari berbagai bidang, dan pastinya logo dari program tersebut.

Kali ini, penulis akan menganalisa kemiripan dan perbedaan dari desain intro milik saluran NRK asal Norwegia, TV3 asal Malaysia, dan Trans 7 asal Indonesia.

Tentang Stasiun Televisi yang Jadi Topik Pembahasan

Norsk Rikskringkasting, atau disingkat NRK merupakan stasiun televisi asal Norwegia.

Program berita saluran tersebut bertajuk Dagsrevyen dan
Ođđasat. Jika Dagsrevyen merupakan program berbahasa Norwegia,
Ođđasat merupakan program berbahasa Sami.

Setiap program berita yang ditayangkan NRK memiliki persamaan unsur desain. Lingkaran berwarna biru.

TV3, merupakan saluran asal Malaysia dibawah naungan Media Prima Berhad. Memiliki banyak program berita baik dalam bahasa Melayu maupun Inggris, yang kesemuanya tergabung dalam program Buletin.

Sama seperti NRK, program tersebut memiliki kesamaan desain dan musik latar, namun dengan logo acara berbeda. Buletin TV3 juga menggunakan unsur yang sama dengan NRK Dagsrevyen, lingkaran berwarna putih.

Sebelum intro yang mirip dengan NRK Dagsrevyen, Buletin TV3 juga sebelumnya menggunakan intro yang sama dengan salah satu stasiun televisi Belanda.

BACA JUGA :  Rayakan Ultah ke-23, Mantan Pembaca Berita Liputan 6 'Reunian'

Trans 7, merupakan saluran televisi asal Indonesia yang berada di bawah naungan Transmedia. Acara Redaksi tayang pada waktu pagi, siang, sore, hingga malam.

Kecuali Redaksi siang yang diambil alih oleh CNN Indonesia, sisanya memiliki desain yang sama. Berbeda dari NRK dan TV3, Redaksi menggunakan unsur persegi, menyesuaikan dengan logo acara.

Tentang Desain, Serupa Namun Tak Sama

Jika dilihat dari intro berita, ketiga stasiun sama-sama menggunakan desain yang modern. Intro yang digunakan Dagsrevyen dan Ođđasat telah digunakan sejak 2015 lalu. Sedangkan Buletin TV3 dan Redaksi Trans 7 baru menggunakannya sejak awal 2019.

Intro dan Outro dari NRK Ođđasat, program berita NRK berbahasa Sami
Intro dari NRK Dagsrevyen

Untuk intro Buletin TV3 juga mirip dengan NRK Dagsrevyen, namun letak perbedaannya adalah latar setelah transisi dari unsur lingkaran dan penggunaan fon untuk nama acara.

Buletin TV3 lebih memilih font yang nampak robotik dengan latar belakang yang justru mirip JARVIS, kecerdasan buatan milik Batman. Selain itu,

Buletin TV3 memilih gaya musik berbeda yang lebih terkesan tegas dibanding milik NRK Dagsrevyen. Perbedaan tersebut juga terletak di bagian desain, dalam pemilihan warna dan animasi.

Intro Redaksi Trans 7 memang berbeda unsur dari Buletin TV3 dan NRK Dagsrevyen. Namun, tetap memiliki desain yang mirip dengan keduanya. Persamaan dengan NRK Dagsrevyen juga muncul pasca transisi menuju nama program.

Persamaan gaya musik yang modern juga diperdengarkan dalam intro ini. Namun, Redaksi Trans 7 memiliki perbedaan di lower third yang lebih besar dari yang dimiliki NRK Dagsrevyen dan Buletin TV3. Namun, pemilihan warna lower third mirip dengan apa yang digunakan NRK Dagsrevyen.

BACA JUGA :  Wishnutama Resmi Naik Jabatan Sebagai Komisaris Utama NET

Untuk Outro, ketiganya memiliki kemiripan. Namun, outro milik Buletin TV3 lebih lambat dibanding yang lainnya. Sedangkan outro milik Redaksi Trans 7 tidak menunjukkan kembali nama acaranya, namun langsung menampilkan ident dari stasiun TV dan Transcorp.

Berbeda dari NRK Dagsrevyen yang saat credit menggunakan seluruh bagian vertikal, baik Redaksi Trans 7 maupun Buletin TV3 menggunakan setengah atau 2/3 dari ukuran vertikal.

Simpulan

Ketiga intro dan outro tadi ibarat pinang yang dibelah 3. Memiliki persamaan, namun juga ada yang membedakan antara ketiganya.

Ini bisa menjadi inspirasi buat yang ingin mendesain intro atau outro program berita. Tinggal pilih mana yang lebih bagus desainnya.

MedForians Wajib Baca Ini!