Ubah Citra Perusahaan, Facebook akan Berfokus ke Privasi Pengguna

Teknologi 2 Mei 2019

Hai, MedForians!

Para pengamat lama Facebook mungkin skeptis dengan komitmen baru jejaring sosial ini terhadap privasi digital, tetapi menurut CEO Mark Zuckerberg, perusahaan itu sedang berkomitmen di dalamnya untuk jangka panjang.

“Masa depan itu pribadi,” kata Zuckerberg pada konferensi pengembang tahunan F8 tanggal 30 April waktu setempat, kemudian ia menambahkan:

“Ini bukan hanya tentang beberapa fitur baru. Ini adalah perubahan besar dalam bagaimana kita membangun produk ini dan menjalankan perusahaan kita.”

Seperti apa tampilan Facebook yang berfokus pada privasi?

Yang jelas, Facebook akan mulai mengadopsi banyak teknik enkripsi. Di F8, Zuckerberg mengonfirmasi bahwa enkripsi end-to-end akan menjadi standar di Facebook Messenger, seperti yang dilaporkan New York Times pada Januari.

“Kami akan memungkinkan 2 miliar orang di seluruh dunia untuk melakukan percakapan paling pribadi satu sama lain secara pribadi, tanpa harus khawatir tentang peretas, pemerintah, atau bahkan kami, untuk melihat apa yang mereka katakan,” kata Zuckerberg.

Dia tidak mengungkapkan kapan Facebook akan menerapkannya. Saat ini, pendekatan Facebook Messenger untuk komunikasi terenkripsi adalah fungsi Percakapan Rahasia. Sementara itu, Zuckerberg mengatakan tujuan utamanya adalah menjadikan Facebook Messenger sebagai aplikasi messenger tercepat dan teringan di pasar.

Mark Zuckerberg dalam konferensi F8

Di masa mendatang, Messenger akan mendapatkan “tab Friends,” yang akan memungkinkan pengguna melihat pembaruan dari teman-teman di Facebook dan Instagram. Tetapi menurut Zuckerberg, tab itu akan membuat posting pribadi. Melalui aplikasi Messenger, pengguna juga dapat menelepon dan mengobrol dengan teman-teman di Instagram dan WhatsApp.

“Ini mulai memberi Anda kepastian tentang apa yang mungkin terjadi dengan interoperabilitas antara layanan kami dan bagaimana platform pribadi dapat mulai menjadi lebih sentral untuk bagaimana Anda berinteraksi dengan teman-teman,” tambah Zuckerberg.

Itu juga berarti Facebook akan mengumpulkan lebih sedikit data pribadi tentang penggunanya. Di backend, Facebook sedang “memasang kembali” infrastruktur TI perusahaan untuk melindungi data yang sama dari akses yang tidak sah. Tujuannya adalah untuk secara otomatis menyandikan prinsip privasi dan penggunaan data ke dalam platform perusahaan.

“Ini akan memakan waktu lama. Infrastrukturnya sangat kompleks. Tapi ini hanya salah satu cara kami menyalurkan kembali seluruh infrastruktur untuk mendukung visi privasi ini,” kata Zuckerberg.

Bagaimana dengan Bisnis Facebook?

Pertanyaan terbuka lainnya adalah bagaimana pendekatan privasi akan menyatu dengan bisnis perusahaan, yang didirikan untuk melayani iklan berdasarkan minat dan informasi pribadi. Pekan lalu, Zuckerberg mengatakan kepada investor: “Kenyataannya adalah dampak apa pun akan bersifat jangka panjang dan kami belum tahu persis bagaimana ini akan terjadi.”

Namun dia menambahkan: “Kami tidak menggunakan konten pesan antar orang untuk menargetkan iklan saat ini, jadi mengenkripsi konten itu tidak akan mengubah apa yang kami lakukan. Itu akan memperkuat privasi orang tanpa mempengaruhi bisnis kami secara keseluruhan.”

Bagaimana menurutmu? Apakah Facebook benar-benar bisa merubah citra perusahaannya?

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.