Windows 10 Terbaru Hadirkan Kernel Linux

Teknologi 7 Mei 2019

Hai, MedForians!

Windows Subsystem for Linux merupakan lapisan yang membuat Windows 10 dapat menjalankan perangkat lunak Linux melalui command prompt.

WSL berasal dari Proyek Astoria, yang mengizinkan aplikasi Android berjalan di Windows 10 Mobile. Proyek ini merupakan hasil kerjasama Microsoft dan Canonical.

WSL versi saat ini merupakan komponen kernel ciptaan Microsoft untuk menerjemahkan API Linux ke dalam kernel Windows NT.

Sayangnya, tanpa campur tangan kernel Linux, akses sistem file lebih lamban ketimbang kernel Linux aslinya.

Ditambah lagi, WSL versi sekarang merupakan terjemahan dari kernel Linux 4.4 yang diluncurkan pada 2016 lalu, sehingga terkesan usang.

Dengan pertimbangan tersebut, WSL 2 nanti akan benar-benar menjalankan kernel Linux.

Dibanding pendahulunya yang merupakan virtualisasi API dari kernel Linux, WSL 2 nantinya akan menjalankan kernel Linux secara penuh dalam sebuah mesin virtual yang ringan.

Kernel Linux tersebut sudah mendapat lisensi GPL Open Source, berarti segala perubahan harus dipublikasikan dan selalu tersedia dibawah lisensi GPL.

WSL 2 juga akan menggunakan split yang sama seperti WSL saat ini. Komponen kernel akan dikirimkan bersama Windows sementara “personalisasi” seperti yang disediakan oleh berbagai distribusi Linux dapat diinstal dari Microsoft Store.

Dengan menggunakan kernel Linux itu sendiri, Microsoft mendapatkan semua fitur Linux secara gratis.

Inilah sebabnya WSL 2 akan mendukung wadah Docker: semua infrastruktur yang mendasarinya, seperti cgroup, sudah ada di kernel Linux, dan Microsoft tidak perlu mengimplementasikan fitur-fiturnya sendiri. Kernel yang tertanam akan dilayani dan diperbarui oleh Windows Update.

Untuk masalah kinerja, operasi berat seperti mengekstraksi tarball bisa 20 kali lebih cepat; kegiatan lain (seperti kloning repositori kode sumber di Git) mungkin akan lima kali lebih cepat.

WSL telah disambut hangat oleh pengembang, karena memberikan lingkungan pengembangan yang mirip Linux. WSL 2 akan membawanya ke tingkat yang baru dan menghilangkan masalah kompatibilitas yang dimiliki pendahulunya

Cuplikan dari WSL 2 ini akan didistribusikan pada Juni mendatang.

Sumber: arstechnica

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.