Menu Tutup

[FOKUS] Jangan Asal Merakit Desktop PC Tanpa Perhatikan Hal Berikut!

Hai, MedForians!

Perkembangan dunia desktop PC semakin menggila. Sejak komputer pribadi yang selalu mejeng di atas meja populer pada era 80-an, perkembangan baik di perangkat keras maupun lunak menarik buat diikuti. Dari rumah, warnet, hingga kantor, perangkat desktop PC seolah-olah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari.

Apalagi dengan perkembangan permainan video di masa sekarang membuat banyak orang yang ingin merakit sendiri alat tempur mereka. Namun, masalah demi masalah kemudian bermunculan dan perlu untuk dihadapi oleh mereka. BSOD, daya tidak kuat, hingga bottleneck seolah jadi momok bagi pengguna.

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk merakit desktop PC sendiri. Masalah daya, prosesor, media penyimpanan, hingga sistem pendinginan tak pernah absen ditanyakan di berbagai forum.

Stabilitas Listrik, Sekilas Sepele namun Penting

Banyak sekali yang ingin merakit komputer pribadi mereka dengan spesifikasi terkini, bahkan sampai menghabiskan uang berjuta-juta. Namun, faktor ini seakan abai.

Listrik yang tidak stabil, sering turun, bahkan padam tiba-tiba akan merusak beberapa perangkat keras yang vital. Amat dipertimbangkan sekali menggunakan daya listrik sesuai dengan daya yang terpasang di rumah, dan menggunakan penyuplai daya seperti UPS agar komputer tidak mati secara mendadak. Jangan lupa untuk menggunakan penyuplai daya atau PSU yang berkualitas dan pas agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ditambah lagi, ketidakstabilan daya akan merusak media penyimpanan berupa cakram seperti hard disk drive. Terutama dengan populernya penggunaan Solid State Drive yang menggunakan sirkuit terintegrasi.

Memilih Komponen Vital dengan Bijak

Beberapa komponen vital seperti RAM, prosesor, motherboard, hingga kartu grafis menuliskan spesifikasi-spesifikasi agar dapat cocok digunakan. Terkadang, pemilihan komponen yang salah berakibat buruk seperti BSOD atau bottleneck.

Tentunya komponen ini harus disesuaikan dengan kebutuhan. Spesifikasi rendah bisa saja dipakai untuk kegiatan pekerjaan ringan, namun tidak dapat digunakan apabila sedang kerja intensif, terutama bidang desain dan gaming.

Beberapa situs menyediakan review dari beberapa yang merakit desktop PC tentang komponen-komponen yang kompatibel maupun tidak.

BACA JUGA :  Project Sakura Wars Unggah Video Pembuka Untuk Gamenya

Hindari Komponen yang Tidak Perlu

Demi memperindah desktop PC kita, terkadang banyak yang menggunakan komponen-komponen tambahan seperti lampu LED yang berkelap-kelip. Akan lebih baik jika penggunaannya bijak, dan tidak perlu dipasang jika tidak perlu.

Pemilihan warna LED yang salah akan membuat mata menjadi sakit, dan jika tidak sesuai maka akan memperburuk tampilan desktop PC kita.

Ragam Sistem Pendinginan yang “Panas” Dibicarakan

Ada beberapa pilihan sistem pendinginan, seperti penggunaan kipas, air, bahkan nitrogen. Pilihlah yang bijak dan pertimbangkan resiko-resiko yang akan terjadi.

Penggunaan kipas adalah pilihan yang standar dan bagus, namun cenderung berisik dan akan berdebu jika tidak sering dibersihkan. Ada beberapa vendor yang menyediakan kipas yang tidak berisik, namun harga di pasaran cukup menguras kantong.

Jika ingin memilih water cooling, ini juga pilihan yang bagus. PC tidak berisik, dan selalu dingin. Namun, daya yang dibutuhkan cukup besar untuk pengoperasian sistem ini. Ditambah lagi, jika terjadi kebocoran maka akan menyebabkan korsleting listrik.

Berguna atau Tidak Berguna

Hal yang amat penting dalam perakitan desktop PC adalah kegunaannya. Jika kegunaannya hanya untuk pekerjaan ringan saja, seperti membuka sosial media, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk merakit desktop PC dengan spesifikasi wah. Namun, untuk pekerjaan yang cukup berat seperti video editing atau 3D rendering, hal yang telah disebutkan sebelumnya juga harus jadi pertimbangan.

BACA JUGA :  Super Smash Bros Borong Penghargaan di TGS 2019!

Bahkan untuk bermain permainan video sekalipun, sebelum merakit adakalanya membaca sistem yang dibutuhkan minimal atau yang direkomendasikan oleh permainan tersebut sebelum memulai permainannya.

Alternatif Lainnya

Buat kamu yang ingin mencoba merakit sendiri, setidaknya harus tahu perkembangan desktop PC di masa sekarang agar tidak diakali oleh oknum penjual yang nakal. Atau, bisa meminta kepada ahli yang berpengalaman dalam merakit desktop PC.

Alternatif yang bisa jadi pertimbangan adalah membeli desktop PC yang telah dirakit sebelumnya, baik oleh pedagang, atau alternatif terakhir, rakitan pabrik. Tentu sebagai konsumen harus cerdas memilih dan memilah, ditambah dengan memperhatikan pertimbangan-pertimbangan tadi.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×