Menu Tutup

Jelang WWDC 2019, iTunes akan “Mati” dan iOS dapatkan Mode Gelap

Hai, MedForians!

Sebuah kabar tak sedap beredar menjelang Apple Worldwide Developers Conference yang akan berlangsung Senin (3/6) mendatang. Rencananya, Apple akan “mencabut nyawa” pemutar musik andalannya, iTunes.

Nantinya, pemutar musik yang diperkenalkan 18 tahun lalu ini akan terbagi dalam 3 aplikasi. Ketiga aplikasi tersebut adalah Apple Music, TV, dan Podcast. Ketiga aplikasi ini akan hadir pada musim gugur mendatang, bersamaan dengan sistem operasi baru macOS 10.15 dan iOS 13.

iTunes sendiri adalah sebuah peranti lunak dari Apple Inc. yang bisa memutar, mengorganisasi dan membeli lagu (dari iTunes Store). iTunes juga bisa digunakan untuk mengelola isi di iPod, iPhone, iPod Touch dan iPad.

Para pengguna iOS menggunakan iTunes untuk mengunduh aplikasi dari App Store. Dilansir dari Bloomberg, jika nantinya iTunes dinonaktifkan, pengguna akan tetap mengorganisir perangkat mereka melalui Apple Music.

Bukan Hanya Kabar Duka

Jangan terlalu lama meratapi kepergian iTunes, karena ada kabar gembira yang akan hadir di WWDC kali ini. Mode gelap akan hadir untuk iOS 13 setelah sebelumnya hadir di macOS.

Selain itu, perubahan pada mode tidur akan hadir dalam sistem operasi perangkat mobile ini. Layar kunci akan tampak gelap, dan notifikasi yang hadir akan senyap. Ini akan berguna sekali apabila sedang dalam kesibukan bekerja, atau sedang beristirahat.

Untuk iPad, sistem operasi ini akan menambah fiturnya, yakni menampilkan beberapa aplikasi dalam satu layar. Fitur ini sudah dinanti, mengingat rival mereka, Android, telah melakukannya lebih dulu.

Untuk sistem operasi komputer, pada WWDC kali ini, seperti biasa, versi terbaru macOS akan diperkenalkan. Selain improvisasi tampilan antarmuka, belum diketahui apakah celah keamanan yang telah ditemukan sebelumnya akan diselesaikan.

Selain pengumuman sistem operasai baru, akan ada pengumuman proyek Marzipan. Proyek ini akan membantu developer untuk membuat aplilkasi universal baik untuk iOS maupun macOS.

Nantinya, kedua sistem operasi ini akan dapat menjalankan aplikasi yang sama. Sebagai tambahan, kamu dapat menggunakan iPad sebagai layar kedua bagi perangkat macOS. Fitur keren ini akan hadir pada WWDC ini.

Selain dapat menjadi layar kedua dari perangkat macOS, iPad dirumorkan akan menggantikan perangkat komputer yang sudah ada sekarang.

Apple telah berusaha untuk melakukannya, tapi banyak yang menyatakan jika iPad belum siap. Meskipun spesifikasi perangkat keras sudah mumpuni, namun masih ada yang belum terbiasa.

Apple akan bekerja lebih keras lagi untuk membuat iPad sebagai komputer masa depan. Terlebih, seperti yang telah redaksi sebutkan sebelumnya, sistem operasi iOS untuk iPad dapat menampilkan beberapa aplikasi dalam satu layar.

Worldwide Developers Conference sendiri akan dilaksanakan mulai Senin (3/6) hingga Jumat (7/6) mendatang. Pertemuan antar developer Apple ini akan berlangsung di McEnery Convention Center, San Jose, California. Seperti biasa, keynote yang merupakan pengumuman pengembangan Apple di tahun ini akan berlangsung pada hari pertama.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×