Menu Tutup

WWDC 2019: Resmi Diumumkan, iOS 13 Hadirkan Banyak Fitur Baru

Hai, MedForians!

Selain WatchOS dan tvOS yang disempurnakan, sang bintang utama di WWDC 2019, iOS juga kini mendapatkan penyegaran di iOS 13. iOS 13 datang dengan peningkatan performa dua kali lebih cepat daripada generasi sebelumnya, baik dalam membuka aplikasi ataupun kemampuan Face ID saat membuka ponsel.

Seperti rumor yang beredar sebelumnya, iOS 13 datang dengan Dark Mode. Semua aplikasi yang dibuat Apple sudah mendukung Dark Mode!

Selain itu, Apple membenamkan fitur swipe gesture pada keyboard iOS yang biasanya sering kita temui di GBoard dan Swiftkey.

Apple menambahkan sejumlah kemampuan pada fitur Remainder selain menghadirkan tampilan anyar. Tersedia opsi Today, Scheduled, Flagged dan All untuk memfilter tugas.

Menariknya, Apple mengintegrasikan kecerdasan buatan pada fitur ini, sehingga akan secara otomatis menyarankan kapan pengguna ingin diingatkan dan menandai kontak.

Aplikasi Mail, Note dan Safari turut diberikan sejumlah kemampuan baru. Demikian pula dengan Apple Maps yang disebutkan lebih komprehensif dan memiliki fitur mirip Google Street View. Fitur ini tersedia di AS pada 2019, sementara di global pada 2020 mendatang.

Apple juga memperkenalkan Memoji untuk foto profil selain untuk stiker emoji. Dan juga, kini pengguna memungkinkan menampilkan foto profil dan nama. Pengguna bisa berbagi nama dan foto profil profil tersebut pada pengguna Message lain.

Lainnya di iOS 13

Apple turut memperbarui tampilan aplikasi Photos dan melengkapinya dengan machine learning untuk membuang foto yang terduplikasi. Tapi yang lebih menarik Apple menghadirkan fungsi pengeditan foto dan video. 

Pada pengeditan video, pengguna nantinya bisa menambahkan highlights, shadows, contrast, saturation, white balance, sharpness, definition, vignette dan noise reduction pada konten.

Kabar baiknya lagi, iOS akhirnya bisa menarik file dari SD Card dan USB flash drive ke dalam aplikasi File.

Apple tidak ketinggalan melakukan peningkatan privasi di iOS 13. Pengguna dapat memilih untuk memberikan data lokasi ke pada aplikasi untuk mencegah mereka dimata-matai. Pengguna bisa login menggunakan Face ID dan membuat akun baru tanpa membeberkan data personal.

Sayangnya, pembaruan iOS 13 ini hanya tersedia untuk iPhone 6S keatas. Itu artinya, iPhone lawas semisal iPhone 5s dan 6 (non S) dipastikan tidak akan mendapatkan pembaruan ke iOS 13.

Sumber: DetikInet

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×