Menu Tutup

Inilah Kronologi Sementara Pembakaran Studio Kyoto Animation (Update)

Hai, MedForians.

Kebakaran hebat melanda studio Kyoto Animation atau yang biasa dikenal dengan sebutan KyoAni. Berdasarkan keterangan polisi setempat, pembakaran ini mengakibatkan setidaknya 1 orang korban jiwa. Selain itu. 36 orang menjadi korban luka yang terdiri dari wanita dan pria, dan sisanya masih belum ditemukan.

Namun saat artikel ini dibuat, menurut keterangan kepala pemadam kebakaran Satoshi Fujiwara, pihak pemadam kebakaran menemukan 12 orang korban jiwa dalam keadaan hangus terbakar. 10 orang mengalami luka bakar serius, dan sisanya kemungkinan masih terperangkap di lantai 3.

[UPDATE 18/7, 17:37 WIB] Menurut laporan terbaru dari Kyodo News, api sekarang sudah terkendali. Kebakaran itu menyebabkan 12 korban meninggal dunia, 36 luka-luka (19 pria dan 14 wanita) dengan 10 di antaranya luka berat. 20 orang kehilangan kontak dan status mereka tidak diketahui.

Beberapa salinan proyek dari anime terkenal termasuk “Free!”, “Love, Chunibyo & Other Delusions”, “Beyond the Boundary”, hangus dilalap si jago merah.

Pihak pemadam kebakaran menyebutkan, ada sekitar 70 orang lebih dalam gedung studio Kyoto Animation. Puluhan orang berlarian keluar gedung saat api menyambar, dan sekitar 30 orang sisanya masih terperangkap dalam gedung.

BACA JUGA :  Kyoto Animation Pamerkan Karya Ilustrasi yang Selamat dari Kebakaran

Kronologi Sementara Kejadian Pembakaran

Menurut informasi yang masuk ke kepolisian setempat, kebakaran bermula saat seorang pria berusia sekitar 40 tahun memasuki area gedung melalui lantai dasar. Kemudian pelaku menuangkan cairan seperti bensin dan langsung membakarnya hingga menyambar seisi gedung sambil berteriak “mati!”. Pria itu juga membawa wadah plastik dan ia diduga membawa dan menjatuhkan pisau di tempat kejadian.

Sankei Shimbun, penerbit surat kabar Jepang melaporkan bahwa tersangka menjawab, “Itu karena penjiplakan mereka!” saat ditanyai polisi tentang motifnya selama penangkapan.

Pernyataan pelaku terkait penjiplakan, atau dalam istilah Jepang “Pakuri” bisa bermakna macam-macam. Selain penjiplakan, arti “Pakuri” bisa bermakna diselingkuhi ataupun sakit hati.

Selain itu, mereka sebelumnya melaporkan bahwa tersangka mengatakan “Mati!” terus menerus ketika ia melakukan aksi kejahatannya.

Profesional dari KTV Jepang menganalisis bahwa tersangka sengaja menyalakan api dari kedua pintu masuk gedung Studio Kyoto Animation untuk mengurangi kemungkinan staf melarikan diri dari api.

BACA JUGA :  Studio Game Key Bantu Donasi 10 Juta Yen Kepada Kyoto Animation

Menurut informasi dari 5ch yang belum terkonfirmasi kebenarannya, tersangka adalah “Virgin Maniac” dan motif kejahatannya adalah karena karakter wanita yang disukainya mendapat pacar di anime. Namun, keaslian informasi ini belum dapat dikonfirmasi.

Pihak polisi sudah mengamankan pria yang diduga sebagai pembakar studio tersebut. Namun polisi masih menunggu proses pemulihan dari pria tersebut karena kondisi dari pria tersebut yang terluka.

Segenap redaksi Media Formasi mengucapkan bela sungkawa atas kejadian ini. Kami akan memperbarui artikel ini juka didapat informasi terbaru.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×