Lagi, 4 Cosplayer Asing Ditangkap Imigrasi Malaysia Karena Langgar Visa

Pop Kultur Jul 02, 2019

Hai, MedForians!

Sepertinya ada insiden yang bersangkutan dengan cosplayer!

Penangkapan

Berita buruk kembali hadir dari dunia Cosplayer dan event Pop Kultur Jepang di Malaysia.

Departemen Imigrasi Malaysia menangkap empat orang asing karena melanggar izin kunjungan sosial dengan mengadakan pertunjukan dalam program internasional di pusat konvensi di Bagian 15 di sini kemarin malam.

Dilansir dari Berita Harian dan NST, acara pertunjukan tersebut adalah World Cosplay Summit Malaysia / Geek Sumit.

Kejadian ini terjadi pada saat pelaksanan ajang tersebut, yaitu 30 Juni 2019.

Masing-masing pelaku yang dianggap melanggar adalah tiga wanita asal Jepang dan seorang pria asal Spanyol berpartisipasi dalam pertunjukan panggung cosplay.

Direktur Imigrasi Selangor, Mohamad Shukri Nawi, mengatakan saat penggerebekan pukul 3 sore kemarin, imigrasi menemukan sebuah pertunjukan dan pertandingan sedang berlangsung di program tersebut.

Pemeriksaan

“Divisi Penegakan Departemen Imigrasi Selangor melakukan pemeriksaan terhadap 13 orang asing dan empat dari mereka ditahan karena melanggar ketentuan yang telah ditetapkan”.

“Awalnya ada perselisihan kecil karena mereka tidak puas dengan penangkapan, tetapi berhasil ditangani secara profesional oleh otoritas penegakan imigrasi Selangor.

“Mereka yang ditahan itu melibatkan tiga wanita Jepang dan seorang pria Spanyol berusia antara 28 dan 41,” katanya dalam sebuah pernyataan hari ini.

Mohamad Shukri mengatakan penangkapan itu bertujuan untuk mengorganisir program acara cosplay internasional yang tidak mendapatkan izin profesional melalui Badan Pusat untuk Film dan Artis Pertunjukan di Luar Negeri (PUSPAL).

“Semua orang yang ditahan di lokasi dibawa ke Kantor Divisi Penegakan Departemen Imigrasi Selangor untuk dokumentasi dan penyelidikan lebih lanjut.

“Mereka akan diselidiki berdasarkan Peraturan 39 (b) untuk pelanggaran ketentuan perjanjian sesuai dengan Peraturan Imigrasi 1963 yang akan mengadakan kinerja publik dengan izin kunjungan sosial,” katanya.

Setelah insiden ini terjadi, Facebook Page World Cosplay Summit memberikan klarifikasi mereka.

Bagaimana, MedForians? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.