Menu Tutup

[Review] Hollow Knight, Sebuah Mahakarya Yang Sangat Kompleks!

Hai MedForians!

Dalam review kali ini, redaksi akan mengulas sebuah gim terbaik bergenre Metroidvania, yaitu Hollow Knight!

Estetika Dua Genre

Hollow Knight adalah gim dengan genre Metroidvania. Maksudnya apa Nah artinya adalah gabungan dari dua judul gim legendaris Metroid dan Castlevania.

Umumnya genre ini disajikan secara Side-Scrolling dengan grafik 2D yang dibungkus dengan map yang luas dan saling terhubung. Untuk saat ini, yang fokus review redaksi kali ini adalah aspek-aspek dan elemen penting yang terdapat pada game ini.

Team Cherry selaku developer Hollow Knight, telah berhasil menggarap sebuah karya sederhana yang telah menjadi mahakarya yang begitu indah dengan segala aspek didalamnya.

Bagi kalian yang sudah memainkannya, pasti kesan pertama kalian yaitu langsung menuju pada Soundtrack yang berhasil disuntikkan pada game ini.

Suara-suara pada game ini dapat memainkan suasana hati kalian mulai dari menenangkan, takjub sampai mencekam sekaligus merinding. Tentunya, musiknya menyesuaikan juga dengan latar tempat yang kalian pijaki.

Tema latar tempat yang disajikan pada game ini juga beragam. Mulai dari tempat yang penuh dengan keindahan akan bebatuan mineralnya seperti kristal, tempat yang penuh dengan tumbuhan liar layaknya hutan sampai dengan tempat yang gelap dan mengerikan.

Team Cherry berhasil memberikan berbagai warna tema latar tempat pada gim ini yang begitu beragam. Dengan ini pemain dapat melihat secara sungguhan bagaimana skenario yang terdapat pada gim ini.

Perpaduan antara grafis dan musik tidak bisa dipungkiri adalah salah satu alasan mengapa Hollow Knight memberikan pengalaman bermain yang sangat menggugah. Selama bermain kalian akan merasa seolah berada dalam Hallownest dan menjelajahinya.

BACA JUGA :  Sekiro Menangkan Kategori Game of The Year di The Game Awards 2019

Walaupun sangat bagus, grafis dan musik bukanlah sorotan utama dalam Hollow Knight.

Yang benar-benar menjadi fokus utama dalam game ini adalah gameplay yang dieksekusi dengan sangat baik.

Alur Bermain Penuh Petualangan

Hollow Knight mengedepankan pertarungan dan eksplorasi. Kalian akan memulai permainan dengan kekuatan yang terbatas, tapi seiring perjalanan kalian akan menemukan berbagai macam upgrade, mulai dari mobilitas hingga kekuatan baru.

Namun untuk bisa menemukan upgrade yang diperlukan atau bahkan mendapatkan progres dalam permainan, kalian harus bisa menjelajahi semua sudut Hallownest. Beberapa kali kalian akan diminta melakukan backtracking untuk menemukan upgrade yang diperlukan untuk melewati sebuah area. Meskipun terdengar merepotkan, sistem mapping di game ini membuat eksplorasi kalian terasa cukup seru.

Proses eksplorasi kalian jauh dari yang namanya mudah, makin dalam kalian menggali area dalam Hallownest, makin sulit juga tantangan yang akan kalian dapatkan. Tantangan ini tidak hanya berbentuk bos, tapi juga berbagai rintangan yang ada pada tempat yang kalian pijaki. Ini membuat kalian harus menguasai tiap gerakan yang kalian miliki mulai dari melompat, dash, hingga wall climb. Jika tidak hati-hati, kalian akan mendapatkan konsekuensi yang dapat membuat kalian sangat emosional.

Tiap pertarungan di Hollow Knight terasa menantang karena musuh dalam game ini mempunyai berbagai serangan ciri khas dengan ancang-ancang yang sangat singkat dan tidak kenal ampun. Tidak cuma itu, musuh terutama bos juga tidak memberikan banyak celah agar kalian menyerang.

BACA JUGA :  Roon Siap Jadi DLC di Game Azur Lane: Crosswave

Dalam tiap pertarungan, kalian harus bisa membaca gerakan lawan dan bereaksi dengan cepat tidak hanya untuk menghindar, tapi juga menyerang balik. Jika tidak, kalian akan kewalahan dan menelan damage tanpa punya kesempatan melakukan penyembuhan.

Menghadapi musuh biasa, kalian mungkin bisa kabur. Namun menghadapi bos, kalian hanya memiliki dua pilihan menang atau mati.

Dengan sulitnya tiap musuh yang ada, menjadikan setiap petualangan kalian di Hollow Knight menjadi lebih menegangkan dan seru. Gim ini salah satu rekomendasi wajib untuk kalian beli dan memainkannya.

Hollow Knight sendiri sudah tersedia pada Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One dan juga PC. Terlebih sekarang pada platform PC sedang ada Summer Sale hingga 10 Juli mendatang dimana game ini mendapatkan diskon sebesar 40%.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian tertarik atau sudah pernah memainkan gim ini? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×