Menu Tutup

Billboard Indonesia Resmi Luncurkan Tangga Lagu TOP 100

Hai, MedForians!

Billboard Indonesia pada hari Rabu (25/9) kemarin meluncurkan program terbaru yang sudah lama dinantikan khalayak musik Indonesia, sejak media ini hadir di Indonesia pada 30 November 2018, yaitu tangga lagu Billboard Indonesia TOP 100 bertempat di Ocha & Bella Cafe, Menteng.

Dilansir dari Kapanlagi dan Tribunnews, peluncuran tersebut dihadiri oleh Aldo Sianturi (COO Billboard Indonesia), Gumilang Ramadhan (Ketum ASIRI), Timothy Markus (Perwakilan AMDI), Rian Eky Pradipta (Vokalis D’Masiv), Nagita Slavina, serta lainnya.

Peluncuran Top 100 Billboard Indonesia (sumber: Kompas.com)

Perlu diketahui, Billboard Indonesia Top 100 adalah daftar lagu-lagu terkini paling populer tiap minggu dari artis dan musisi Indonesia di semua lintasan genre, kemudian diranking dengan menggabungkan banyak data sehingga mencetak total skor.

Posisi lagu di Billboard Indonesia Top 100 ditentukan oleh beragam data, mulai dari platform streaming musik, posisi grafik mingguan, pemutaran radio mingguan, pemirsa platform streaming video, dan pemutaran mingguan di jaringan karaoke di Indonesia.

Aldo Sianturi selaku Chief Operating Officer Billboard Indonesia berharap dengan kehadiran Billboard Indonesia Top 100 akan membuat musik Indonesia makin berjaya dan sehat secara ekosistem.

“Musik Indonesia sangat beragam dan maju dengan banyak genre yang tiap hari rilis, kualitas musik yang dihasilkan musisi Indonesia juga luar biasa. Semoga kehadiran Billboard Indonesia Top 100 memberikan nilai ekonomi bagi industrinya,” tuturnya.

“Terima kasih Billboard Indonesia yang sudah mendokumentasikan perjalanan industri musik Indonesia dalam bentuk Billboard Indonesia Top 100. Semoga ke depannya selalu bisa menjadi acuan untuk industri radio di Indonesia,” harap Timothy Markus dari Asosiasi Music Director Indonesia (AMDI).

BACA JUGA :  Haruna Kawaguchi Bintangi Live Action Gokushufudou

Tangga lagu tersebut akan berisi lagu-lagu dari semua genre yang berupa komposisi lagu berupa lirik dalam Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Indonesia dicampur dengan bahasa asing.

Dari data yang sudah disusun oleh tim khusus di bawah komando Andhika Septian sebagai kepala proyek pendataan lagu, Billboard Indonesia Top 100 berharap bisa menjadi data yang komprehensif dari musik Indonesia yang selama ini dinantikan.

Banyak musisi yang menyambut positif atas kehadiran Billboard Indonesia TOP 100 salah satunya Rian Eky Pradipta (Vokalis D’Masiv), perwakilan dari musisi, juga menyambut gembira adanya Billboard Top 100.

“Senang banget adanya Billboard Indonesia Top 100 karena bisa menjadi acuan lagu kita disukai orang atau nggak. Ini juga bisa menjadi motivasi ketika lagu masuk dalam chart 100. Semoga hadirnya program ini bisa menjadi angin segar bagi kami musisi agar terus memberikan karya terbaik,” kata Rian.

Selain itu ada Rizky Febian putra dari komedian Sule yang juga sebagai penyanyi yang sedang naik daun ikut antusias atas kehadiran tangga lagu tersebut.

“Secara pribadi Iky (Rizky Febian) dan Lala (Marion Jola) menyampaikan terima kasih kepada Billboard Indonesia, dan tidak menyangka bisa masuk Billboard Top 100. Mudah-mudahan ‘Tak Ingin Pisah Lagi’ bisa ada di Top 5 Billboard Indonesia,” papar Rizky Febian.

Lagu Rizky Febian yang berkolaborasi dengan Marion Jola yang bertajuk “Tak Ingin Pisah Lagi” masuk ke daftar Top 100 Billboard Indonesia.

Selain itu, Billboard Indonesia juga tengah berencana meluncurkan program TOP 100 ke layar kaca.

“Kami tengah menyusun langkah selanjutnya dari Billboard Indonesia Top 100 ini. Dalam waktu dekat program ini bisa hadir di salah satu TV terkemuka di Indonesia,” papar Aldo Sianturi.

BACA JUGA :  Aktor Kamen Rider Ex-Aid Hiroki Ijima Positif COVID-19

Sementara itu, Gumilang Ramadhan selaku ketua umum Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI), menyambut gembira adanya Billboard Indonesia Top 100.

Sejak kehadirannya di Indonesia, Billboard Indonesia yang mendapat lisensi dari Billboard di Amerika, sudah membuat banyak program, di antaranya MusicTalks, Koreative Video, Bintang Dangdut, serta Billboard Spotlight di platform Youtube.

Berikut Daftar 10 teratas di tangga lagu Billboard Indonesia TOP 100 edisi perdana Rabu (25/09/2019).

  1. Judika – Cinta Karena Cinta (Trinity Optima)
  2. Andmesh Kamaleng – Hanya Rindu (Hits Records)
  3. Andmesh Kamaleng – Cinta Luar Biasa (Hits Records)
  4. Marion Jola Feat. Laleilmanino – Rayu (Universal)
  5. Glenn Fredly, Tulus, & Yovie Widianto – Adu Rayu (YWMF)
  6. Marion Jola Feat. Rizky Febian – Tak Ingin Pisah Lagi (Universal)
  7. Salmantyo Priadi Feat. Nadin Hamizah – Amin Paling Serius (Orang Pertunjukkan)
  8. Budi Doremi – Tolong (dr.M)
  9. Brisia Jodie – Rekah (Universal)
  10. Juicy Luicy – Tanpa Tergesa (Emotion Ent.)

Untuk tangga lagu lainnya bisa dicek melalui http://billboardid.com/top100/

Kembali ke Atas

BACA JUGA

Yuk, Berkomentar!

×