Menu Tutup

[BREAKING NEWS] Comico Indonesia Tutup Layanannya Akhir Bulan Ini

Hai, MedForians.

Kabar buruk bagi kalian yang gemar membaca komik melalui gawai kalian. Platform komik digital Comico Indonesia akan menutup layanannya per tanggal 30 September ini.

Kabar ini disampaikan secara mendadak melalui kanal media sosial resminya pada hari ini (1/9).

Dengan berat hati, kami memberitahukan pengumuman ini. Semoga kita bisa bertemu lagi dilain kesempatan ya, comico Lovers. Maju terus komik Indonesia!
Nb. Yuk, habiskan koinmu sebelum tgl.30 September 2019! 

Comico Indonesia dalam caption media sosialnya

Penutupan layanan ini terpaksa dilakukan berdasarkan keputusan dari NHN Singapore. Perusahaan ini adalah pemilik sekaligus operator platform comico Indonesia. Untuk layanan Comico di negara lain masih belum ada kabar akan ditutup.

Pengguna yang ada masih dapat mengakses layanan ini hingga tanggal 30 September nanti. Koin yang dimiliki pengguna akan tetap bisa digunakan seperti biasa hingga penutupan layanan ini.

BACA JUGA :  Huawei Mate 30 Pro Resmi Diumumkan, Gunakan Android, Kirin 990, dan 5G

Namun pihak Comico sendiri menyarankan pengguna untuk segera menghabiskan koin tersebut sebelum platform ini resmi ditutup. Pasalnya, koin yang tersisa setelah tanggal 30 September tidak akan bisa dikembalikan.

Menurut beberapa sumber internal, alasan penutupan Comico sendiri disebabkan karena pasar lokal yang kurang mendukung. Pengguna di Indonesia lebih suka menikmati konten-konten gratis (dan terkadang illegal).

Untuk seri komik yang belum dirilis hingga tamat, kabarnya akan langsung dirilis secara massal (mass release) dan akan dapat dibaca hingga tamat.

Comico adalah portal webtoon yang berbasis di Jepang yang merupakan bagian dari NHN Japan Corporation. NHN Jepang pertama kali meluncurkan platform webtoon-nya ini di Jepang pada 2013. Kemudian diikuti oleh peluncuran di Taiwan pada 2014, kemudian di Thailand, dan Korea Selatan pada 2016, lalu diikuti oleh Indonesia pada 2017.

BACA JUGA :  Realme 5 dan Realme 5 Pro, Ponsel 4 Kamera Harga Terjangkau

Pada 2017, Nielsen Media Research mengungkapkan bahwa Comico menjadi situs web komik digital terbesar kedua di Jepang berdasarkan jumlah pengguna.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×