Menu Tutup

Xiaomi Perkenalkan Mi MIX Alpha, Smartphone dengan Layar Bolak Balik

Hai, MedForians!

Lineup Mi MIX Xaomi pertama kali diperkenalkan sebagai produk revolusioner dengan tampilan yang hampir tanpa bezel (bezelless). Konsep ini telah matang dari generasi Mi MIX pertama, ke generasi Mi MIX terbaru, yaitu Mi MIX 2 dan Mi MIX 2S. Pada smartphone seri MIX keempat ini, Xiaomi melakukan sesuatu yang unik dan menampilkan kesan futuristik.

Spesifikasi Mi MIX Alpha

Layar

Mi MIX Alpha adalah sebuah lompatan besar ke depan untuk Xiaomi, karena smartphone dilengkapi dengan layar yang membungkus dari bagian depan, tepi dan berlanjut ke belakang. Bentuk layar Ini membuat tampilan dua sisi tetapi tanpa halangan, kecuali strip tipis untuk unit modul kamera. Mi MIX Alpha memiliki screen body ratio sebesar 180,6%.

Surround Display

Teknologi “Surround Display” yang digunakan oleh Xiaomi menjadikan Mi MIX Alpha sebagai ponsel yang benar-benar futuristik. Namun ada banyak hal yang membuatnya ragu tentang daya tahannya, terutama karena pengguna tidak dapat menggunakan case terhadap smartphone ini. Tampilan “4D curved” pada Mi MIX Alpha adalah sebuah “karya seni”, tetapi kita harus menunggu beberapa waktu untuk melihat perangkat ini matang, sehingga dapat dikomersilkan. Teknologi layar seperti ini dapat mengalahkan teknologi layar air terjun yang disematkan di smartphone lain seperti Vivo NEX 3.

Body

Mi MIX Alpha tidak memiliki frame di bagian samping. Namun antena untuk konektivitas 5G telah ditempatkan di dalam strip tipis dekat modul kamera. Tidak ada lubang speaker pada smartphone ini, sebagai penggantinya, Xiaomi membekali dengan modul yang menggunakan getaran ultrasonik untuk meniru speaker. Untuk menjaga bobot Mi MIX Alpha tetap ringan, Xiaomi menggunakan campuran titanium untuk rangka smartphone ini. Bagian bar belakang terbuat dari keramik hitam dan ada perlindungan Sapphire Glass di atas kamera.

BACA JUGA :  Larry Tesler, Penemu Cut, Copy dan Paste Wafat

Screen Button

Untuk menutupi kekurangan tombol, terdapat area sensitif di sisi layar yang berfungsi sebagai tombol. Area-area ini dapat digunakan sebagai bagian dari tampilan. Zona sensitif tekanan juga dapat digunakan sebagai tombol saat bermain game. Pengguna akan dapat menggeser bagian layar untuk menambah atau mengurangi volume.

Untuk mencegah sentuhan yang secara tidak disengaja, AI Xiaomi akan dengan cerdas memantau orientasi ponsel, akselerometer, dan menggunakan isyarat dari aplikasi saat ini. Xiaomi mengklaim telah menguasai penolakan jenis palm pada perangkat semua layar ini, tetapi masih membutuhkan waktu untuk menunggu untuk melihat bagaimana ini bekerja dalam kenyataan. Mi MIX Alpha menggunakan tampilan di bagian belakang untuk menjalankan versi aplikasi seperti Peta, kalkulator, dan lainnya.

Kamera

Dari konfigurasi tiga kamera pada smartphone ini, terdapat sensor kamera Samsung ISOCELL Bright HMX berukuran 108MP yang sebelumnya diisyaratkan oleh Xiaomi. Sensor kamera ini empat kali lebih besar dari sensor Sony IMX586 yang berukuran 48MP. Ini adalah sensor 1 / 1,33 inci dengan ukuran piksel 1,6 mikron. Hasil foto dari kamera berukuran 108MP ini, menghasilkan gambar dengan resolusi 12032 x 9024 dan berukuran hampir 40MB. Selain itu, terdapat kamera ultrawide berukuran 20MP dengan sudut pandang 117º dan kamera depth sensor berukuran 12MP. Tidak ada kamera depan di smartphone ini, karena Anda bisa membalikkan ponsel dan menggunakan layar di belakang sebagai jendela bidik, yang menjadikan pengguna memiliki kamera depan 108MP dalam penggunaannya.

BACA JUGA :  iPhone "Murah Meriah" Dirumorkan Rilis Akhir Maret 2020

Dapur Pacu

Secara spesifikasi, Mi MIX Alpha adalah smartphone kelas Flagship dari Xiaomi yang hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855 Plus, dengan RAM 12GB dan penyimpanan UFS 3.0 512GB. Didukung kapasitas baterai 4.050mAh, didukung teknologi Fast Charging sebesar 40 Watt dan jaringan 5G.

Sebagai smartphone konsep, Mi MIX Alpha tidak akan datang ke pasar secara instan, tetapi pengguna akan dapat mencoba prototipe smartphone ini di Mi Store tertentu di Cina. Smartphone ini hanya akan diproduksi dalam skala kecil untuk mengukur minat dari pengguna dan aka dihargai sebesar CNY 19.999, yang bila dikonversi menjadi sekitar 40 juta Rupiah. Meskipun harga realtif tidak masuk akal, tetapi hal tersebut memang terasa sangat wajar dari smartphone yang mengusung teknologi mutakhir. Seperti halnya dengan smartphone Mi Mix sebelumnya, Xiaomi tidak benar-benar ingin menjual dengan jumlah banyak terhadap smartphone ini, tetapi menggunakannya sebagai perantara untuk menunjukkan teknologi masa depan kepada para pengguna.

Sumber : XDA

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×